PENYULUHAN MENGENAI DAMPAK RADIASI SMARTPHONE BAGI KESEHATAN

Di era modern saat ini, banyaknya penggunaan smartphone di kalangan masyarakat yang tidak menggunakannya secara bijak. Dari kalangan anak-anak, remaja, dan orang tua setiap hari menggunakan smartphone tanpa ada batasan dan belum mengetahui dampaknya terhadap diri sendiri.

Smartphone merupakan perangkat elektronik yang mampu menerima dan memancarkan gelombang elektromagnetik untuk bertukar data dengan pemancar seluler. Gelombang elektromagnetik ini memiliki kecepatan yang sama dengan kecepatan cahaya. Radiasi gelombang elektromagnetik inilah yang dapat membahayakan kesehatan tubuh kita. Radiasi yang ditimbulkan oleh gelombang elektromagnetik jika terus-menerus menghantam tubuh kita dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan kita.

Melalui penyuluhan yang saya lakukan kepada masyarakat di Kelurahan Tunggurejo dari kalangan ibu-ibu dan pemuda karang taruna, dapat meminimalisir dampak radiasi gelombang elektromagnetik bagi kesehatan. Penyuluhan dilaksanakan di rumah salah satu warga pada saat pengajian rutin kelurahan untuk ibu-ibu dan di balai kelurahan untuk pemuda karang taruna. Penyuluhan yang saya sampaikan ialah terkait dengan pengertian radiasi, dampak yang diakibatkan oleh radiasi smartphone, penyakit-penyakit yang timbul akibat radiasi smaprtphone dan cara penggunaan smartphone yang bijak dan tepat.

Kebiasaan penggunaan smartphone secara berlebihan dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Beberapa contoh dari radiasi yang ditimbulkan ialah dapat menyebabkan kanker otak, gangguan pada janin, dan gangguan pada alat reproduksi. Kebiasaan yang sering terjadi adalah ketika meletakkan smartphone pada saku celana secara terus-menerus akan memberikan dampak pada alat reproduksi. Menelepon tanpa menggunakan headset dapak memberikan dampak pada otak dan alat pendengaran. Mendekatkan smartphone pada perut ibu hamil dapat menganggu pertumbuhan janin jika hal tersebut dilakukan secara terus menerus. Meletakkan smartphone berdekatan ketika tidur juga dapat mempengaruhi kesehatan karena gelombang elektromagnetik terus memancar sendangkan jaringan yang ada didalam tubuh kita sedang beristirahat.

Beberapa hal diatas yang saya sampaikan kepada warga di Kelurahan Tunggulrejo mendapat antusiasme dari warga yang sebelumnya tidak mengetahui dampak pengguanaan smartphone secara berlebihan. Dan mudah-mudahan melalui penyuluhan yang saya berikan dapat bermanfaat serta dapat mengurangi penggunaan smartphone secara berlebihan dan menggunakannya secara tepat dan bijak untuk mengurangi dampak dari radiasi gelombang elektromagnetik smartphone itu sendiri.

 

foto1

      Gambar 1. Penyuluhan pada ibu-ibu pengajian

foto2

          Gambar 2. Penyuluhan kepada pemuda karang taruna