Sushi Singkong Desa Tunahan

1

Jepara –┬áSalah satu proker monodisiplin dari Dwi Yulanda Dimastya Maulana, mahasiswa Sastra Jepang Undip yang merupakan Tim 1 KKN Undip 2017 Desa Tunahan, Kecamatan Keling, Kabupaten Jepara adalah membuat sushi singkong. Adapun sushi pada umumnya terbuat dari campuran nasi dan ketan, Dimas memilih mengganti bahan pokok tersebut dengan singkong mana ketersediaannya sangat melimpah di Desa Tunahan. Adapun tujuan dari proker ini adalah untuk mengenalkan pembuatan makanan Jepang ke masyarakat Desa Tunahan dengan rasa yang tetap sesuai dengan lidah masyarakat.

23

Setelah berbelanja bahan-bahan keperluan, Tim pun langsung mencoba membuat sushi singkong di posko. Karena adanya permintaan dari ibu-ibu kader untuk mengisi materi berupa praktek membuat sushi singkong di pertemuan kader bulanan, maka Tim pun mempersiapkan semua peralatan yang dibutuhkan dan juga membawa sampel yang telah dibuat.

4 5

Setelah itu, Tim pun menghadiri pertemuan kader bulanan di Balai Desa. Ibu-ibu kader menyambut dengan antusias, dikarenakan kebanyakan ibu-ibu kader belum tahu apa itu sushi. Sushi dengan berbagai macam variasi rasa dan cara pengolahan diberikan kepada ibu-ibu kader, sehingga nanti dalam pembuatannya ibu-ibu kader dapat membuat sushi sesuai dengan seleranya masing-masing.