Cegah COVID 19 : Mahasiswa KKN UNDIP Mengajak Masyarakat Patuhi Protokol Kesehatan

Pontianak, Kalimantan Barat (13/8) – Kebijakan tatanan normal baru atau yang sering dikenal dengan istilah “New Normal” telah di berlakukan di negara Indonesia. Kebijakan ini tentu akan membawa masyarakat ke gaya kehidupan yang baru dalam menyikapi Pandemi Corona (Covid-19) yang telah dinyatakan oleh pemerintah sebagai Bencana Nasional sejak 13 April 2020.

Mahasiswa KKN Undip, Gabriel Ramaung, sedang memberikan sosialisasi kepada perwakilan masyarakat di Kantor Kelurahan Parit Tokaya, Pontianak. (Sumber: Galeri Penulis).

WHO memberikan protokol kesehatan untuk mencegah virus covid-19 tersebut. Protokol kesehatan tersebut harus diberlakukan selama masa new normal untuk mencegah virus corona. Rt 07 Rw 02 di kelurahan Parit Tokaya, Kecamatan Pontianak Selatan di Kota Pontinak merupakan salah satu kampung yang telah mengetahui adanya tatanan kehidupan yang baru atau yang biasa di sebut “New Normal”.  Masyarakat setempat pun terlihat sudah mulai kembali menjalankan berbagai aktivitas kehidupan seperti bekerja, berkumpul, dan kegiatan lainnya. Namun, seperti yang terlihat ternyata masyarakat kemungkinan telah salah mengartikan konsep “New Normal” dan malah menganggap konsep ini sebagai gaya hidup biasa layaknya sebelum masa pandemi dimulai. Masih banyak masyarakat yang tidak menggunakan masker selaku protokol kesehatan yang dianjurkan dan tidak mencuci tangan dengan sebagaimana yang telah dikeluarkan oleh WHO. Padahal, Kebijakan ini haruslah didukung dengan upaya aparat desa hingga anggota masyarakat untuk terus menerapkan protokol kesehatan sebagaimana telah diatur oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) dan Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, dengan tetap menggunakan masker, mencuci tangan, etika batuk, dan memberlakukan social distancing.

Mahasiswa Tim II KKN Undip 2020 yang berada di dekat lokasi memutuskan untuk mengambil tindakan mengenai hal ini dengan cara terjun langsung ke masyarakat dan memberikan pemahaman kepada masyarakat melalui sosialisasi  tentang bahaya dari virus covid-19 dimulai dari kantor kelurahan mengajak masyarakat langsung untuk memahami mematuhi  dan mengetahui pentingnya mematuhi protokol kesehatan  di era “New Normal” sesuai standar WHO.

Dengan adanya kegiatan ini sangat diharapkan agar kedepannya masyarakat dapat lebih peduli dan sadar akan bahayanya masa pandemi ini, dan tetap waspada dengan cara menerapkan protokol kesehatan yang sudah di anjurkan pada era New Normal sehingga kelak masa-masa pandemi yang sedang terjadi ini dapat seger berakhir. (Gabriel Ramaung, Undip).

Editor: Apri Dwi Anggo.