POLUSI BARU DI MASA PANDEMI, MAHASISWA KKN UNDIP MENGAJAK MASYARAKAT UNTUK SADAR BAHAYA LIMBAH MASKER

Pangkalan Bun (30/07) – Adanya pandemi COVID-19 di hampir seluruh wilayah dunia menyebabkan setiap negara untuk menciptakan kebijakan masing – masing negaranya dalam upaya untuk mengurangi dampak dari COVID-19. Pemerintah Indonesia sendiri menyarankan masyarakat agar dapat menjalani aktivitas mereka masing – masing dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada. Salah satu protokolnya adalah tetap selalu menggunakan masker saat bepergian. Penggunaan masker sekali pakai yang bila tidak diperhatikan penanganannya dengan benar dapat memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Hal tersebut yang kemudian menggerakkan mahasiswa KKN UNDIP untuk dapat mengajak dan mengingatkan masyarakat di wilayah Kota Pangkalan Bun terhadap pentingnya menjaga lingkungan di masa pandemi seperti saat ini.

Salah satu program mahasiswa KKN UNDIP kali ini adalah “Pengelolaan Sampah Masker Sekali Pakai”. Metode yang dipakai oleh mahasiswa yaitu dengan cara mensosialisasikan dan mengedukasi masyarakat baik secara daring maupun langsung “Poster, Brosur, Pamflet”, lalu dengan cara mempraktekkan agar masyarakat lebih paham dan sadar akan bahaya polusi yang ditimbulkan dari Limbah Masker jika dibuang sembarangan.

Dalam Pelaksanaanya, pengedukasian mengenai Penanganan Limbah Masker Sekali Pakai dilakukan secara door to door mengingat untuk sosialisasi dengan mengumpulkan masyarakat terlalu banyak tidak diperkenankan, dan tidak disarankan menjalani aktivitas secara bersamaan ditempat yang sama. Dengan menjelaskan bagaimana seharusnya dalam menangani limbah masker sekali pakai, disertai penempelan poster di tempat yang sekiranya dapat dibaca oleh orang banyak, dan diberikan gambar dan kalimat singkat dan menambah pengetahuan masyarakat akan bahaya limbah masker sekali pakai jika tidak dikelola dan di buang dengan baik dan benar.

Diharapkan dengan adanya program ini, masyarakat khususnya di Kota Pangkalan Bun lebih sadar akan seberapa bahaya limbah yang dihasilkan dari adanya pandemi Covid-19 dan juga mengenai pencemaran lingkungan terutama Limbah Masker jika tidak ditangani dengan benar, dimana persoalan mengenai isu Lingkungan terutama Masalah Lingkungan Hidup di Indonesia masih banyak dan perlu dibenahi. (Dimas Kukuh Prabowo, Prodi Hubungan Internasional, Undip)

Editor : Apri Dwi Anggo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *