PEDULI UMKM : MAHASISWA KKN UNDIP SOSIALISASIKAN TATA CARA PENDAFTARAN MEREK SECARA ONLINE

(Kota Pangkalpinang). Berdasarkan data dari Sekretaris Daerah Babel per Maret 2020 bahwa  jumlah UMKM yang ada di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah sekitar 33.507 unit. Keberadaan UMKM ini pun pastinya diharapkan dapat terus berkembang baik dalam tingkat regional maupun internasional serta dapat mensejahterakan dan meningkatkan taraf hidup masyarakat. Untuk dapat menjaga eksistensi suatu UMKM ini terdapat beberapa indikator penting termasuk mengenai legalitas dari UMKM tersebut. Hal ini lah yang menjadi perhatian dari Sonia Putri Wijaya, Mahasiswi KKN Undip Tim II 2020.

Pelaksanaan Sosialisasi kepada Pemilik “Efra Gallery”

Sonia, mahasiswi Fakultas Hukum itu, melaksanakan sosialisasi mengenai pentingnya pendaftaran suatu merek dagangserta tata cara pendaftaran merek secara onlinedi lingkungan Kota Pangkalpinang, baru-baru ini.

Sosialisasi ini dilakukan kepada pemilik 4 (empat) UMKM di Kota Pangkalpinang yang belum melakukan pendaftaran merek dagang yaitu Pempek Kresna, Sushigo Arigato, Efra Gallery dan Rumah Daster. Pelaksanaan sosialisasi ini dimulai dengan pemaparan mengenai pentingnya pendaftaran suatu merek yaitu sebagai alat bukti bagi pemilik yang berhak atas merek yang didaftarkan, dasar penolakan terhadap merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya yang dimohonkan pendaftaran oleh orang lain untuk barang/jasa sejenisnya dan sebagai dasar untuk mencegah orang lain memakai merek yang sama keseluruhan atau sama pada pokoknya dalam peredaran untuk barang/jasa sejenis. Lalu dilanjutkan dengan penjelasan mengenai tata cara untuk mendaftarkan merek yang dapat dilakukan secara online.

Pelaksanaan Sosialisasi kepada pemilik “Sushigo Arigato”

Kegitan ini diharapkan para pelaku usaha dapat memahami mengenai pentingnya pendaftaran suatu merek dagang dan dapat segera mendaftarkan merek dagangnya secara online di masa pandemi Covid-19 ini tanpa harus ke Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM atau Direktorat Jenderal Hak dan Kekayaan Intelektual.

Penulis: Sonia Putri Wijaya
Editor: Fajrul Falah