MAHASISWA KKN UNDIP TIM II BUAT PELATIHAN PEMBUATAN BASO IKAN LELE SEBAGAI AKSI NYATA DALAM PENINGKATAN EKONOMI KELUARGA

Salah satu universitas negeri di Indonesia, Undip menyelenggarakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) yang dilaksanakan pada tanggal 5 Juli sampai dengan 15 Agustus. KKN yang mengusung tema “KKN pulang kampung” ini dilaksanakan di daerahnya masing-masing. Hal ini dilakukan karena merebaknya wabah covid-19 di Indonesia, dimana kurva yang menunjukkan banyaknya warga yang terinfeksi semakin hari semakin meningkat, maka dari itu untuk mengantisipasi jatuhnya korban yang terinfeksi maka KKN yang biasanya dilakukan di desa-desa yang notabenenya masih tertinggal dan terbelakang kali ini dilaksanakan di desa masing-masing.

Salah satu mahasiswa Undip yang bernama Dyah Rahayu Ningtyas membuat sebuah program KKN untuk masyarakat Bulusan, RT V RW III Kecamatan Tembalang yang berguna untuk meningkatkan skill di kala pandemi bagi para ibu-ibu. Program tersebut yaitu pelatihan pembuatan baso ikan. Pelatihan ini menjadi sangat berguna di kalangan warga Bulusan, dikarenakan sebagian besar mata pencaharian warga Bulusan yaitu buruh. Profesi tersebut tentunya berbahaya dikarenakan pandemi yang merebak ini. Maka dari itu, untuk meningkatkan penghasilan para ibu semasa di rumah, pelatihan pembuatan baso ikan lele bisa menjadi solusi awal semasa pandemi. Pelatihan pembuatan bakso yang dilaksanakan pada tanggal 15 Agustus 2020 bertempat di rumah Bu Indri, Ibu RT V RW III pada pukul 17.00-17.30 dihadiri oleh 5 orang. Dengan menerapkan protocol kesehatan, pelatihan pun dimulai. Pengenalan bahan-bahan sampai dengan tutorial pembuatannya. Pelatihan secara keseluruhan berlangsung lancer tanpa halangan suatu apa pun.

Editor: Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid

Pembagian bakso yang sudah jadi kepada warga Bulusan RT V RW III