Reportase I : Aksi Nyata Merangkai Asa, Bersama Memberi Makna

Minggu I: Perizinan dan Survei Lokasi KKN

Yayasan Panti Asuhan SOS Desa Taruna. Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. 

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah suatu kegiatan intrakurikuler yang memadukan pelaksanaan tri dharma perguruan tinggi (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat) dengan cara membeirkan kepada mahasiswa pengalaman belajar dan bekerja dalam kegiatan pembangunan masyarakat sebagai wahana penerapan dan pembembangan ilmu dan teknologi yang dilaksanakan di luar kampus dalam waktu mekanisme kerja dan teknologi persyaratan tertentu

Tidak seperti KKN pada umumnya yang melakukan penerjunan secara langsung di tengah masyarakat. Dengan adanya pandemi Covid-19 di Indonesia, saat ini pelaksanaan KKN harus tetap dilaksanakan secara mandiri atau daring oleh mahasiswa Undip walaupun situasi saat ini sangat membatasi program kerja yang dapat dilaksanakan dalam rangka mengabdi kepada masyarakat.

Tim P2KKN Undip mengusung tema Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development Goals). Dalam tema tersebut, mahasiswa diwajibkan memilih program yang sesuai dengan tema yang sudah ditentukan oleh Tim P2KKN. 

Pada hari pertama, Upacara Penerjunan Mahasiswa yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa peserta KKN melalui media online Zoom Meeting, dibuka dan dihadiri langsung oleh Rektor Universitas Diponegoro yakni Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum. Setelah upacara tersebut berakhir, masing-masing Mahasiswa mulai melaksanakan kegiatan KKN mereka, mulai dari perizinan ke lokasi kegiatan, persiapan untuk membuat program kegiatan, dan hal-hal lainnya yang menjadi agenda dari masing-masing Mahasiswa tersebut.

Foto 1: Upacara Penerjunan Mahasiswa KKN TIM I Tahun 2021 Universitas Diponegoro

Perizinan lokasi kegiatan KKN dilakukan oleh perwakilan dari Mahasiswa, yang dimulai dari Kelurahan Pedalangan, kemudian ke Panti Asuhan SOS Desa Taruna Semarang. Pada saat ke Panti Asuhan SOS Desa Taruna Semarang, Mahasiswa melakukan kordinasi mengenai jadwal dan program kegiatan yang akan dilaksanakan selama 45 hari kedepan agar pelaksanaan KKN berjalan dengan lancar.

Foto 2 : Perizinan tempat KKN

Muhammad Ainurrofiq

Rekayasa Perancangan Mekanik – Fakultas Sekolah vokasi

Universitas Diponegoro

Dosen Pembimbing: Dr. Dra. Wilis Ari Setyati, M.Si.

Kelurahan Pedalangan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. 

KKN TIM 1 Periode 2021