PERPUSTAKAANKU, WADAH MENGEMBANGKAN PENGETAHUANKU

 


DI1

Foto 1. Tampak depan Perpustakaan SDN 02 Ketapang

Menurut Sulistyo-Basuki (2011) perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada pada lembaga pendidikan formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah yang bersangkutan dan merupakan pusat sumber belajar untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan sekolah yang bersangkutan. Perpustakaan sekolahpun memiliki tujuan sebagai pusat sumber belajar sehingga dapat membantu pengembangan dan peningkatan minat baca, literasi informasi, bakat serta kemampuan peserta didik. Dari pengertian diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa perpustakaan sekolah merupakan lembaga yang memegang peranan penting untuk menjadikan anak-anak atau peserta didik dapat mengembangkan minat bacanya dan mengembangkan pengetahuannya. Dalam mengembangkan pengetahuannya dapat dimulai dari tersedianya koleksi yang lengkap dan menarik untuk dibaca oleh peserta didik. Kemudian dilanjutkan dengan manajemen peletakan koleksinya berdasarkan subjek atau nomor klasifikasinya. Jika melihat dari sisi manajemen peletakan koleksi, Perpustakaan SDN 02 Ketapang sudah memiliki sistem dengan menggunakan nomor klasifikasi bahan bacaan. Hal tersebut sudah cukup baik, namun masih ada kekurangan yaitu masih adanya beberapa koleksi yang terselip yang tidak sesuai dengan nomor urut klasifikasinya.

Maka dari itu kami KKN TIM 1 UNDIP mengadakan program yang berjudul “Shelving Koleksi Perpustakaan di SDN 02 Ketapang”. Mengapa harus diadakan kegiatan shelving koleksi perpustakaan?

DI2

DI3    Foto 2 dan 3. Tim KKN melakukan kegiatan shelving koleksi di perpustakaan

 

Shelving adalah kegiatan penatan koleksi berdasarkan nomor klasifikasi koleksi. Kegiatan shelving dimulai pada Jumat, 20 Januari 2017 dan berlanjut setiap minggunya dan berakhir tanggal 3 Februari 2017 di Perpustakaan SDN 02 Ketapang. Koleksi yang di shelving merupakan koleksi kelas klasifikasi 000-900. Apabila koleksi sudah tertata dengan baik sesuai dengan urutannya maka pengajar maupun peserta didik akan dengan mudahnya melakukan pencarian koleksi yang mereka butuhkan. Dari koleksi yang lengkap, menarik, dan sudah tertata sesuai nomor klasifikasi diharapkan pengajar dan peserta didik semakin tertarik datang ke perpustakaan, meningkatnya minat baca dan berakhir pada perkembangan pengetahuannya.

Selain shelving koleksi perpustakaan, kami pun menginstalkan SLIMS (Senayan Library Management Systems) perpustakaan, guna pengembangan perpustakan dan memudahkan pustakawan dalam mengelola perpustakaan.

D14

DI5  Foto 4 dan 5. Penginstalan SLIMS untuk pustakawan SDN 02 Ketapang.