8 Tips Menjaga Diri saat Beraktivitas di Masjid Al-Amin bersama Mahasiswa KKN UNDIP

Semarang (22/01/2021) Pada Tahun Akademik 2020/2021, KKN Tim I UNDIP diusungkan dengan tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”. Dengan tema tersebut, mahasiswa KKN pun menyusun dua program kerja untuk dilaksanakan di tempat tinggal masing – masing. Pada KKN kali ini, Mahasiswa Teknik Sipil dibawah bimbingan Dr. Rani Tiyas Budiyanti, M.H. menjalankan 2 program KKN. Program pertama adalah “Edukasi Masyarakat terkait COVID-19”. Sosialisasi ini dilaksanakan dengan pemasangan banner yang berisi 8 Tips Menjaga Diri saat Beraktivitas di Masjid Al-Amin.

Banner mengenai Edukasi Masyarakat terkait COVID-19

Masyarakat Semarang, khususnya warga Graha Sapta Asri RT 02 RW 10 Pedalangan, masih kurang perhatian terkait dengan pademi COVID-19 saat ini. Meskipun lingkungan di sekitar RT 02 RW 10 Pedalangan tersebut sepi dan jarang terlihat adanya aktivitas di luar rumah, namun tidak menutup kemungkinan terjadi penyebaran COVID-19. Apalagi masih cukup banyak warga sekitar yang melaksanakan ibadah sholat di Masjid Al – Amin. Sehingga dengan progam KKN yang mengusungkan ide dalam edukasi masyarakat mengenai COVID-19 dengan menggunakan media massa berupa banner dapat mencegah penularan COVID-19 di RT 02 RW 10 Pedalangan khususnya jamaah Masjid Al – Amin. Banner kreatif ini berisikan mengenai hal – hal yang perlu diperhatikan jika warga RT 02 RW 10 Pedalangan khususnya jamaah Masjid Al – Amin ingin melaksanakan ibadah sholat di Masjid Al – Amin, yaitu cuci tangan sebelum dan sesudah ke Masjid, wajib menggunakan masker, berwudhu dari rumah sebelum berangkat ke Masjid, hindari kontak fisik,  tidak berdesakan ketika masuk dan keluar Masjid,  membawa sajadah sendiri,  jaga jarak tidak kurang 1 meter antar jamaah, dan lansia, bergejala & yang sakit tetap sholat di rumah.

Pemasangan Banner mengenai Edukasi Masyarakat terkait COVID-19 di Masjid Al – Amin

Banner tersebut juga berfungsi sebagai reminder terhadap regulasi kesehatan ketika terjadi pandemi, terutama pandemi COVID-19. Dengan adanya banner mengenai edukasi COVID-19 diharapkan akan meningkatkan kesadaran masyarakat warga RT 02 khususnya jemaah Masjid Al – Amin untuk selalu melakukan kegiatan pencegahan penularan Covid-19.

Penulis : Alfi Nikmatika Syifa