Reportase I : Aksi Nyata Merangkai Asa, Bersama Memberi Makna

Desa Mrisen, Kab, Klaten – (18/01/2021) – Pelaksanaan KKN Undip Tim I 2021 Selama 45 hari terhitung sejak tanggal 4 Januari-16 Februari. KKN biasanya dilakukan di lokasi yang telah ditentukan oleh LPPM Undip, namun saat ini ditentukan berdasarkan domisili dari mahasiswa atau di luar domisili dengan alasan tertentu. Hal ini terjadi karena adanya kondisi pandemi Covid-19 yang tersebar di berbagai negara termasuk Indonesia dan provinsi Jawa Tengah menjadi salah satu daerah dengan kasus positif Covid-19 yang cukup tinggi hingga saat ini. Tim P2KKN Undip telah berupaya maksimal dalam merancang KKN Undip Tim I 2021 ini dengan mengusung tema ” Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)“. Mahasiswa secara individu diwajibkan untuk melaksanakan dua kegiatan yang dirancang menjadi bentuk program kerja, yaitu kegiatan pencegahan penyebaran Covid-19 dan kegiatan pemberdayaan masyarakat berkaitan dengan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) sesuai dengan disiplin ilmu masing-masing. Dalam melaksanakan KKN di masa pandemi Covid-19 ini, mahasiswa KKN hendaknya sangat perlu memiliki niat, tekad yang kuat, dan semangat yang tinggi untuk mengabdi kepada masyarakat meskipun dengan kondisi saat ini yang serba terbatas. Salah satu mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang, yaitu Muhammad Hafiz merencanakan program KKN “Sosialisasi tentang pentingnya protokol kesehatan”.Protokol kesehatan merupakan salah satu hal penting untuk masyarakat. Pada pandemi covid-19 tidak menutup kemungkinan banyak pekerja khususnya desa Karangmanis menggunakan segala cara untuk melaksanakan pekerjaannya apalagi kebanyakan pekerja adalah tulang punggung keluarga tanpa mengetahui protokol kesehatan yang aman bagi para pekerja. Hal tersebut harus diatasi dengan peningkatan pemahaman mengenai keamanan kesehatan bagi para pekerja baik pria maupun wanita. Para pekerja rata-rata belum memahami protokol kesehatan secara lengkap dan sesuai aturan sehingga tingkat kepedulian terhadap kesehatan khususnya yang bekerja di lapangan masih tergolong rendah.  Sosialisasi ini dilakukan secara langsung karena pandemic covid-19 yang membatasi untuk mengumpulkan warga pada satu tempat maka kami hanya mengumpulkan para Karang Taruna untuk menyampaikan saat dirumah sehingga mengurangi penyebaran covid-19. Melihat lingkungan setempat, saya selaku mahasiswa Universitas Diponegoro yang tengah melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) saya mengajak warga setempat terutama karang taruna / pemuda setempat bekerja sama dalam mencegah virus covid19 yang terjadi saat ini. Saya bersama teman-teman KKN mengadakan sosialisasi kepada pemuda karang taruna setempat untuk bergabung dalam pencegahan virus covid19 terutama di Desa Karangmanis RT02 RW03, Kelurahan mrisen, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten.

Foto 1: Sosialisasi kepada pemuda karang taruna setempat.

Selain pentingnya menjaga protokol kesehatan disini, peserta mengajak pemuda karang taruna setempat mengadakan kegiatan penyemprotan desinfektan dilingkungan warga sekitar serta membuat dan memasang spanduk/pamflet yang akan dipasang didepan masjid dan dibeberapa titik lingkungan warga.

Foto 2: Penyemprotan desinfektan dan pemasangan spanduk/pamflet tentang protokol Kesehatan bersama pemuda karang taruna di Desa Karangmanis RT02 RW03, Kelurahan Mrisen,Kabupaten Klaten

Penulis : Muhammad Hafiz – Sekolah Vokasi Undip 2017

Dosen Pembimbing : Lusi Nur Ardhiani, S.Psi., M.Psi.