Covid Kian Ganas!! Mahasiswa Undip Ajak Masyarakat Desanya Patuh Dan Sadar Akan Pentingnya Jaga Protokol Kesehatan

Rawalumbu, Kota Bekasi (23/01).  Laju Peningkatan kasus positif  COVID -19 saat ini di Indonesia semakin mengkhawatirkan. Setiap harinya, kasus positif COVID -19 di Indonesia masih belum dapat dibendung, atau lebih dari 10 bulan semenjak pandemi ini terjadi di Tanah Air. Dilansir dari Kompas.com, jumlah kasus postif COVID-19 hingga per tanggal 22 Januari menyentuh angka 965.283 orang, terhitung sejak pasien pertama COVID-19 diumumkan pada publik.

Melihat kondisi penambahan kasus COVID-19 yang terus meningkat setiap harinya, Pemerintah memutuskan untuk memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat ( PPKM ) di Jawa-Bali dari 26 Januari-8 Februari 2021 sebagai salah satu langkah mencegah penyebaran COVID-19.

Akan tetapi hingga kini, nyatanya kebijakan yang telah ditetapkan Pemerintah tidak berdampak secara signifikan terhadap masyarakat, contohnya masih terdapat masyarakat yang belum dapat mengikuti Protokol Kesehatan yang telah diajurkan oleh Pemerintah. Seperti yang terjadi di lingkungan RT 011/RW 036 Kelurahan Rawalumbu. Masih banyak ditemukan masyarakat terutama pedagang kaki lima maupun ojek pangkalan yang belum dapat menerapkan protokol kesehatan secara baik dan benar.

Kegiatan Edukasi Cara Menajaga Protokol Kesehatan Kepada Masyarakat

Kurangnya kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga protokol kesehatan inilah yang mendorong Haekal, Mahasiswa Ekonomi Islam yang sedang melakukan KKN tahun ini, untuk melaksanakan edukasi kepada masyarakat di desanya mengenai  bagaimana cara dan pentingnya menjaga protokol kesehatan secara baik dan benar di saat Pandemi melalui media leaflet dan Poster.

Program ini diawali dengan melakukan diskusi dan perizinan mengenai kegiatan yang akan dilaksanakan kepada ketua RW 036 Kemang Pratama 2, Bekasi.  Untuk pelaksanaan sendiri terbagi menjadi dua sesi, yaitu untuk sesi pertama melakukan edukasi  pentingnya menjaga protokol kesehatan di era pandemi kepada masyarakat, terutama pedagang kaki lima maupun ojek pangkalan di Komplek Kemang Pratama 2. Sedangkan untuk sesi kedua yaitu penempelan poster  edukasi cara menjaga protokol kesehatan dalam beribadah yang bertempat di Masjid Baitul Jihad, Kota Bekasi. Kegiatan pengedukasian dilakukan dengan mendatangi para pedagang kaki lima, tukang ojek, dan  rumah warga satu per satu dengan menjelaskan isi Leaflet mengenai cara menjaga protokol kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19. Kegiatan ini juga disertai dengan pemberian new normal kit kepada masyarakat yang telah di edukasi, agar termotivasi untuk terus dapat menerapkan isi dari edukasi yang telah diberikan . Selanjutnya, untuk kegiatan penempelan poster edukasi cara menjaga protokol kesehatan dalam beriberibadah dilakukan dengan ditemani ketua DKM Masjid Baitul Jihad, Kota Bekasi.

Penempelan Poster Cara Menjaga Protokol Kesehatan Dalam Beribadah

Melalui program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya menjaga protokol kesehatan dalam rangka melindungi diri sendiri, teman, keluarga, dan lingkungan sekitar agar terhindar dari penyebaran COVID-19 yang kian mengganas setiap harinya.

Penulis : Muhammad Haekal Aulia/ 12020217140008 – Fakultas Ekonomika Dan Bisnis

Dosen Pembimbing : Aghus Sofwan.,ST., MT., PhD.