COVID-19 Melejit, Mari Bersama Kita Putus Rantai Corona

Mahasiswa KKN Undip Tim I tahun akademik 2020/2021 Kelurahan Karanganyar Gunung, Kota Semarang melakukan edukasi 5M dan vaksin

SEMARANG – Seperti yang sudah kita ketahui dimana hampir satu tahun sejak pertama kalinya kasus COVID-19 terkonfirmasi di Indonesia, jumlah kasus positif di negara ini terus naik. Kedisiplinan dalam mematuhi protokol kesehatan yang seharusnya meningkat, malah justru sebaliknya. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya warga yang mulai lengah mematuhi protokol kesehatan, mulai dari tidak menggunakan masker saat keluar rumah hingga berkerumun. Demikian beberapa faktor yang menjadi penyebab makin merebaknya kasus COVID-19 di Indonesia. Saya Rembulan Dwi Cahyani, seorang mahasiswi UNDIP yang sedang melaksanakan KKN, akan melaksanakan program yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat terkait penerapan protokol kesehatan (5M) dan vaksinasi COVID-19.

Edukasi mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan dan vaksinasi COVID-19 dilaksanakan pada hari Kamis (14/1) pukul 19.00 WIB melalui grup WhatsApp Karang Taruna Jangli, Kelurahan Karanganyar Gunung, Kecamatan Candisari. Kegiatan edukasi ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran masyarakat, salah satunya dengan cara memberikan materi-materi mengenai 5M. Pada minggu pertama diberikan materi mengenai pentingnya menggunakan masker, kemudian minggu selanjutnya diberikan materi terkait cara mencuci tangan yang baik dan benar. Materi ini dibuat dari sumber terpercaya dan dikemas dalam bentuk power point dengan desain yang menarik sehingga pembaca tidak terkesan monoton pada materi sehingga diharapkan dapat membangkitkan semangat membaca remaja karang taruna.  Para remaja yang tergabung dalam grup ini juga merespon kegiatan dengan antusias. Selain edukasi secara online, telah dilakukan pula pembagian pamflet mengenai pentingnya 5M dan vaksinasi untuk warga sekitar perumahan Graha Candi Golf pada hari Rabu (20/1) pukul 09.00 WIB hingga 12.00 WIB. Untuk beberapa warga yang mendapatkan selebaran juga bisa menanyakan hal-hal lain diluar selebaran tetapi masih dalam konteks mengenai 5M dan vaksinasi.

Edukasi Terhadap Warga Sekitar

Meskipun kegiatan ini mempunyai banyak kekurangan dan sangat terbatas untuk dilakukan dikarenakan masa pandemic ini, tetapi ada harapan besar yang tersirat agar masyarakat mau meningkatkan kembali kewaspadaan mereka terhadap COVID-19 serta tidak lupa untuk menggunakan masker dan cuci tangan apabila memiliki keperluan mendesak diluar rumah, dan jika tidak memiliki keperluan mendesak sebaiknya tetap dirumah saja. Ini semua kita lakukan agar masa pandemic ini cepat berakhir.

Penulis : Rembulan Dwi C (Ilmu Gizi, Undip)
DPL: Bagus Rahmanda,S.H.,M.H.