YUK KONSUMSI GIZI SEIMBANG, Edukasi tentang Pola Makan Bergizi Seimbang menuju Kehidupan sehat dan Sejahtera pada masa pandemi Covid’19

Semarang,Tembalang (24/01/2021) – KKN TIM 1 Undip 2021 dilaksanakan mulai tanggal 4 Januari – 16 Februari 2021. KKN kali ini dikonsep dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya yaitu dengan melaksanakan KKN di domisili masing-masing secara mandiri. Tema KKN TIM I yaitu  “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis Tujuan Berkelanjutan (SDGs)”.  Mahasiswa  peserta Tim I KKN Undip diwajibkan untuk melaksanakan dua program kerja yang berkaitan dengan pencegahan persebaran Covid-19 serta usaha pencapaian Sustainable Development Goals (SDGs) yang disesuaikan dengan disiplin ilmu masing-masing.

Pada masa pandemi Covid-19 ini sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh , untuk menjaga kesehatan perlu pola makan yang benar dan asupan gizi seimbang ,bersamaaan dengan itu jika kita hidup dengan menjaga pola makan dan memperhatikan asupan gizi terhadap tubuh kita maka itu juga salah satu hal yang mendukung dalam pemenuhan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs) yaitu Kehidupan sehat dan sejahtera. Maka dari itu sangat diperlukan edukasi terhadap pola makan gizi seimbang di RT 04 /RW 02 Kelurahan Tembalang

Sosialisasi tentang pola makan bergizi seimbang pada masa pandemi covid’19 dengan ibu-ibu PKK secara langsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. Dengan jumlah ibu-ibu PKK yang dapat menghadiri dibatasi yaitu sebanyak 15 orang.

Edukasi Pola Makan Bergizi Seimbang menuju Kehidupan sehat dan Sejahtera pada masa pandemi Covid’19

Program Monodisiplin 2 ini dilakukan oleh Annisa Pratiwi mahasiswa KKN Undip dan dilaksanakan pada Minggu ketiga KKN tanggal 24 Januari 2020. Dalam pelaksanaan program ibu-ibu PKK RT 04/RW 02 Kelurahan Tembalang terlihat antusias terkait edukasi dari mahasiswa KKN Undip. Program ini pun disambut meriah oleh Ketua RT 04/RW02 dan juga Ketua PKK RT04/RW02. Harapannya dengan sosialisasi ini dapat meningkatkan pemahaman masyarakat terkait pentingnya menjaga daya tahan tubuh dengan memperhatikan pola makan yang bergizi seimbang di era adaptasi kebiasaan baru di masa pandemi covid-19.

Penulis : Annisa Pratiwi ( Fakultas Kesehatan Masyarakat )

DPL : Zaki Ainul Fadli.,SS.,M.Hum