Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan “PENTINGNYA MEMATUHI PROTOKOL KESEHATAN”

Jati Asih, Bekasi (26/01/2021). Kasus aktif Covid-19 di Indonesia hingga Senin (25/1/2021) mencapai 161.636 orang. Informasi tersebut disampaikan Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 melalui laman www.covid19.go.id yang diperbarui setiap sore. Jumlah kasus aktif diketahui dari pengurangan jumlah total pasien yang terinfeksi virus Covid-19 sejak kasus pertama diumumkan 2 Maret lalu dengan jumlah total pasien yang sembuh dan meninggal dunia. Karena hal tersebut, pada minggu ketiga pelaksanaan KKN Pulang Kampung di Jati Asih, Bekasi diisi dengan kegiatan program pertama tentang penanggulangan virus Covid-19.

Program 1 tersebut adalah tentang mengedukasi dan mensosialisasikan tentang pentingnya Protokol Kesehatan di era New Normal kepada masyarakat dan warga khususnya ibu-ibu PKK di lingkungan RT 09/RW 009 Kelurahan Jati Sari, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi. Sosialisasi ini dilakukan dengan penempelan poster, membagikan leaflet di pintu gerbang perumahan dan edukasi ke masyarakat secara langsung dari rumah ke rumah.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan edukasi serta informasi kepada masyarakat bagaimana tentang pencegahan virus Covid-19 dikarenakan tingginya pertumbuhan dan penyebaran dari virus Covid-19 di lingkungan RT 09/RW 009 Kelurahan Jati Sari, Kecamatan Jati Asih, Kota Bekasi.

Kegiatan penempelan poster, membagikan leaflet di pintu gerbang perumahan dan edukasi ke masyarakat secara langsung dari rumah ke rumah.

Berdasarkan hasil berdiskusi dengan beberapa masyarakat sekitar, sebagian orang sudah merasa bosan dengan protokol kesehatan yang selama ini di sosialisasikan oleh pemerintah dan karena hal tersebut maka dilakukan upaya sosialisasi kembali tentang pencegahan virus Covid-19 dengan cara penempelan poster, membagikan leaflet di pintu gerbang perumahan dan edukasi ke masyarakat secara langsung dari rumah ke rumah.

Program sosialisasi ini di sambut dengan baik oleh masyarakat sekitar karena dinilai dapat mengingatkan kembali kepada masyarakat bahwa virus Covid-19 memang benar-benar ada dan kita sebagai masyarakat harus mematuhi seluruh protokol kesehatan maupun segala peraturan pemerintah yang ditujukan untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19.

Reporter: Alvia Nugraheni Hehaitu (Ilmu Hukum, Fak. Hukum)

DPL     : Irawati, S.H., M.H.