3 M TAK CUKUP LAGI, WAJIB 5 M!

Pada hari Kamis, 21 Januari 2021 bertempat di Kelurahan Pedurungan Tengah, diadakan kegiatan sosialisasi dengan pembagian poster atau brosur kepada masyarakat Kelurahan Pedurungan Tengah dan stiker pembatas untuk ruang publik seperti masjid dan kantor kelurahan. Kegiatan ini bertujuan untuk mensosialisasikan pentingnya gerakan 5 M dan social distancing di dalam kegiatan sehari-hari.

Sosialisasi tentang pentingnya gerakan 5 M dan social distancing dilakukan karena melihat banyaknya masyarakat di Kelurahan Pedurungan Tengah yang belum paham tentang tata cara penerapan protokol kesehatan di dalam kegiatan sehari-hari. Acara ini dimulai dengan mensosialisasikan program 5 M kepada Ketua PKK, kemudian kepada Ketua Karang Taruna, dan terakhir mensosialisasikan kepada masyarakat Kelurahan Pedurungan Tengah secara door to door.

Gerakan 5 M yaitu memakai masker, mencuci tangan pakai sabun dan air mengalir, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, serta membatasi mobilisasi dan interaksi. Sudah tidak lagi 3M, menekan penyebaran virus Covid-19 perlu penerapan protokol kesehatan 5M. Perlu kesadaran masyarakat, mengingat di jalanan kadang banyak yang tidak mematuhi protokol kesehatan

Kegiatan berlangsung lancar dan kondusif, para stakeholder dan masyarakat Kelurahan Pedurungan Tengah sangat memperhatikan materi yang disampaikan oleh mahasiswa KKN. Acara ditutup setelah Ketua PKK dan Ketua Karang Taruna Kelurahan Pedurungan Tengah memberikan edukasi mengenai pentingnya gerakan 5 M dan social distancing, lalu diadakan foto sesi bersama-sama. Harapan dari kegiatan ini yaitu seluruh masyarakat di Kelurahan Pedurungan Tengah dapat menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan sehari-hari.

Oleh : Frida Khairunisa Kundani (S1 Perencanaan Wilayah dan Kota)

Dosen Pembimbing : dr. Akhmad Ismail, M.Si. Med.