Gerakan Bersih Masyarakat Desa Beleadi

Kebersihan lingkungan merupakan hal yang tak terpisahkan bagi kehidupan manusia dan merupakan unsur yang penting bagi kesehatan. Hal-hal yang mendukung kebersihan lingkungan adalah menciptakan suatu lingkungan yang bersih dan nyaman. Sama halnya yang dilakukan oleh masyarakat dukuh Galiran desa Baleadi. Pada hari selasa 31 Januari 2017  masyarakat dukuh Galiran yang terdiri dari bapak-bapak dan dibantu anak-anak KKN Tim 1 Undip melaksankan kerja bakti disepanjang jalan dukuh Galiran.

bale5Sebelum melakasanakan kerja bakti, telah diadakan musyawarah pada hari minggu malam ditempat salah satu warga dukuh Galiran. Masyarakat menjadwalkan pada hari selasa jam 7 pagi akan diadakan kerja bakti pembersihan pohon pisang dan berkumpul terlebih dahulu untuk sarapan bersama

Kerja bakti yang dilakukan masyarakat tersebut bertujuan membersihkan jalan menuju dukuh Galiran yang ditumbuhi banyak pohon pisang. Pohon pisang yang tumbuh menyebar pada Pinggiran jalan tersebut tak terawat dan dapat menyebabkan jalan rusak. Tak hanya membuat jalan rusak namun menghambat dan menghalangi pengemudi jalan. bale6Pohon pisang yang sudah ditebang dipindahkan dengan cara diangkut menggunakan truk. Pohon pisang yang diangkut oleh truk hanya berupa gedebognya saja, untuk daun pisang tetap diletakkan di pinggir jalan karena akan cepat busuk. Kedebog pisang tersebut dibawa oleh truk dan dijual kepada pengrajin.

Acara kerja bakti selesai pada pukul 11.30 dan diakhiri dengan makan siang bersama dirumah ibu lurah yaitu ibu Isnawati. Atas kerja keras masyarakat, jalan dukuh Galiran bersih dari pohon pisang yang dianggapnya mengganggu. Harapannya pembersihan lingkungan tidak hanya dalam menebang pohon pisang namun pembersihan pada lingkungan sekitar lebih ditingkatkan lagi.