PROGRAM PENGEMBANGAN “MUTIARA ALAM” DESA KLETEK OLEH MAHASISWA KKN TIM 1 UNDIP TAHUN 2017

Senin (23/1) Mahasiswa KKN Tim 1 Undip di Desa Kletek mengadakan rapat di Balai Desa Kletek dengan dihadiri oleh kepala desa beserta perangkat desa, perwakilan Pemerintah Kabupaten Pati, dan perwakilan dari Kecamatan Pucakwangi. Rapat ini diadakan guna membahas pembuatan film pendek mengenai desa Kletek yang akan digunakan sebagai media promosi “mutiara alam” yang terdapat di desa Kletek.  Desa Kletek merupakan desa yang terletak ±7km dari Kecamatan Pucakwangi dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Blora dan masyarakatnya rata-rata bermata pencaharian sebagai petani. Maka tak heran jika desa Kletek masih banyak dikelilingi oleh ladang persawahan.

Setelah rapat berakhir, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip di Desa Kletek bersama beberapa perangkat desa, perwakilan pemkab dan perangkat kecamatan langsung melakukan pengambilan gambar di beberapa tempat yang telah ditentukan sebelumnya, yaitu dari akses jalan masuk desa hingga lokasi yang akan dijadikan tempat wisata. Beberapa lokasi di desa yang akan dikembangkan menjadi tempat wisata yaitu Hutan Jati dan DAM/Bendungan yang ada di desa.

Beberapa waktu sebelumnya pun beberapa pihak dari kecamatan telah melakukan kunjungan untuk melakukan survey ke DAM dan Hutan Jati bersama perangkat desa dan Mahasiswa KKN Tim 1 Undip. Berdasarkan kesepakatan yang telah dibuat, DAM tersebut akan dibuat lokasi wisata air dan tempat pemancingan yang dilengkapi dengan rumah-rumah makan dan anjungan sebagai tempat berfoto pengunjung. Adapun Hutan Jati nantinya akan dijadikan sebagai tempat outbound dan bumi perkemahan. Melalui pengembangan di sektor wisata desa ini, diharapkan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat dan membuka lapangan pekerjaan bagi pemuda-pemudi di desa. Hal ini sesuai dengan cita-cita pemerintah Indonesia yang ingin membangun Indonesia dari desa-desa pinggiran.

Rencananya film pendek yang telah dibuat melalui kerjasama Mahasiswa KKN Tim 1 Undip dan beberapa pihak, nantinya oleh kecamatan pucakwangi akan dikirimkan ke pemerintah daerah kabupaten Pati, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, dan ke Kementrian Desa. Film pendek tersebut juga akan di unggah ke media sosial untuk mempromosikan desa Kletek sebagai salah satu desa yang memiliki keindahan alam yang masih terjaga.

Dalam program pengembangan sektor wisata di Desa Kletek, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip diberi kepercayaan untuk mendesain tempat wisata air dan tempat pemancingan yang akan dibuat di DAM/Bendungan serta mendesain tempat wisata yang akan dibuat di Hutan Jati. Adapun dana pembangunan tempat wisata rencananya akan diambil dari dana desa dan bantuan dari pihak swasta.

Kletek 1

Kletek 2

Kletek 3

Kletek 4

Kletek 6

Kletek 7

Kletek 8