Kegiatan TIM KKN di Desa Krandon Lor pada Minggu ke III

Senin – 23 Januari 2017, Mengawali minggu ke III kegiatan KKN, TIM KKN desa Krandon Lor menyelenggarakan berbagai kegiatan di desa yang meliputi kegiatan pelatihan dan edukasi. Para anggota kelompok KKN Desa Krandon Lor menyebar ke 3 tempat untuk melaksanakan kegiatan tersebut. 3 tempat tersebut yakni balai desa, SD N 01 Krandon Lor, dan SD N 03 Krandon Lor. Di balai desa, peserta yang mayoritas terdiri dari kelompok tani desa Krandon Lor diberikan edukasi oleh Faishal dan Dika tentang pembuatan pestisida organik. Kegiatan ini diadakan sebagai bentuk implementasi dari salah satu program KKN dari Faishal dengan tujuan agar para petani di desa bisa mengefektifkan hasil panen mereka melalui penggunaan pestisida organik. Kegiatan berlangsung dengan sangat kondusif dan para peserta penyuluhan terlihat sangat antusias. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 09.00 dan selesai pada pukul 10.10

Kegiatan lainnya berlangsung di SD N 01 Krandon Lor. Di SD N 01 Krandon Lor, siswa kelas 5 diajak untuk membuat kapal sederhana oleh Nurfi, dengan ditemani oleh Intan, Luthfi, Yuni dan Petrus. Siswa kelas 5 SD N 01 Krandon Lor terlihat sangat gembira ketika dibimbing untuk membuat kapal sederhana. Pembuatan kapal ini menjadi salah satu program KKN dari Nurfi yang bertujuan untuk memberi edukasi dasar tentang perkapalan. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 09.30 sampai pukul 11.00.

Kegiatan selanjutnya adalah pemaparan materi tentang komputer di SD N 03 Krandon Lor. Kegiatan tersebut dipandu oleh Lintang dan ditemani oleh Ifa. Para siswa yang menjadi peserta kegiatan ini merupakan siswa kelas 3, 4, dan 5. Mereka dikumpulkan menjadi satu di ruang kelas 5. Puluhan siswa yang hadir diajarkan hal-hal dasar tentang komputer seperti menghidupkan dan mematikan komputer, serta pengenalan software-software yang ada dalam komputer. Kegiatan ini merupakan realisasi dari program KKN oleh Lintang yang bertujuan agar para siswa sudah bisa mengenali komputer dan bisa menggunakan komputer dengan lebih optimal. Kegiatan ini berlangsung pada jam 12.00 sampai jam 13.50.

111

Gambar 1. Kegiatan membuat kapal sederhana bersama siswa kelas 5 SD N 01 Krandon Lor

 

Selasa – 24 Januari 2017, Dika, salah satu anggota dari TIM KKN Desa Krandon Lor menjalankan program KKN yang dia usung, yakni pelatihan tentang manajemen administrasi untuk para pejabat desa di balai desa. Sekitar jam 9, para perangkat desa telah berkumpul di balai desa. Dika memimpin dan memandu mereka dalam menjalankan hal-hal yang berkaitan dengan administrasi yang perlu diatur di balai desa. Pelatihan ini berakhir sekitar pukul 11 pagi. Selain Dika, salah satu anggota dari TIM KKN Desa Krandon Lor lainnya yaitu Petrus juga melaksanakan program KKN. Ditemani oleh Yuni, sebagai rekan anggota TIM KKN, Petrus melaksanakan kegiatan pelatihan tentang Public Speaking pada siswa SD kelas 4 di SD N 01 Krandon Lor. Kegiatan berlangsung dengan sangat meriah dan penuh semangat. Para siswa yang awalnya malu-malu, lambat laun menjadi antusias dan bersemangat. Kegiatan pelatihan public speaking ini berlangsung pada jam 09.30 sampai jam 10.45. Bp. Suprato selaku kepala sekolah SD N 01 Krandon Lor mengucapkan terima kasih pada TIM KKN Desa Krandon Lor atas partisipasinya dalam mengedukasi anak-anak SD N 01 Krandon Lor. Bp. Suprato masih menyambut baik kegiatan-kegiatan lain yang akan dijalankan oleh TIM KKN Desa Krandon Lor pada hari-hari berikutnya.

IMG_20170124_102540

Gambar 2. Pelatihan public speaking bersama siswa kelas 4 SD N 01 Krandon Lor

 

Rabu – 25 Januari 2017, Intan, mahasiswi jurusan Sastra Jepang, Fakultas Ilmu Budaya yang tergabung dalam TIM KKN Desa Krandon Lor melakukan kegiatan belajar mengajar tentang bahasa Jepang dasar pada siswa kelas 5 SD N 01 Krandon Lor. Intan mulai mengajar pada pukul 09.30 setelah jam istirahat sekolah. Materi yang dibawakan Intan yaitu pengenalan bahasa Jepang melalui kata-kata sapaan dalam bahasa Jepang. Selain itu para siswa juga diajak menonton film Doraemon dengan bahasa Jepang. Kegiatan ini selesai sekitar pukul 10.30.

Tidak hanya Intan, Lintang juga melakukan kegiatan belajar mengajar namun di tempat yang berbeda, yakni di SD N 02 Krandon Lor. Lintang memandu para siswa kelas 4, 5, 6 dan mereka digabung menjadi satu ruangan di ruang kelas 5. Lintang memberi edukasi tentang hal-hal dasar pada komputer, sama seperti yang dia ajarkan pada siswa SD N 03 hari Senin lalu. Kegiatan di SD N 02 ini berlangsung sejak pukul 11 pagi sampai pukul 12.30 siang. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, para siswa menjadi lebih melek dengan teknologi komputer dan mereka bisa menggunakannya untuk produktivitas mereka ketika mereka dewasa nanti.

Kegiatan lain TIM KKN Desa Krandon Lor adalah pemaparan materi sekaligus pelatihan tentang Dokter Kecil di MI 01 Krandon Lor. Kegiatan ini dijalankan oleh Kevin dan Yuni dan diperuntukan untuk anak-anak kelas 4, dan 5. Para siswa dikumpulkan di ruang kelas 5 pada pukul 09.00 pagi. Selain diberikan materi sederhana, para siswa juga diajak untuk bermain sekaligus melakukan simulasi tentang bagaimana menjadi dokter cilik. Kegiatan ini berlangsung sejak jam 9 pagi sampai jam 11 siang.

333

Gambar 3. Pelatihan komputer oleh Lintang di SD N 02 Krandon Lor

 

Kamis – 26 Januari 2017, SD N 02 Krandon Lor telah memberi izin pada Ifa, anggota TIM KKN Desa Krandon Lor untuk melaksanakan kegiatan pelatihan tentang pembuatan karya tulis ilmiah kepada para siswa kelas 5. Kegiatan ini dimulai pada pukul 11.00 seusai jam pulang sekolah. Para siswa diajak untuk membuat karya tulis ilmiah melalui berbagai metode sederhana. Kegiatan ini diusung karena menurut Ifa, anak-anak kelas 5 SD N 02 Krandon Lor perlu mengetahui tentang cara membuat karya tulis. Ifa beranggapan bahwa ketika mereka menuntut ilmu ke jenjang yang lebih tinggi, mereka akan dituntut untuk bisa membuat karya tulis ilmiah mereka sendiri. Di SD N 02, Ifa ditemani oleh Lintang, dan Nurfi. Kegiatan ini berjalan dengan baik tanpa ada kendala.

444Gambar 4. Pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah untuk siswa kelas 5 SD N 02 Krandon Lor

 

Jumat – 27 Januari 2017, Sama seperti hari-hari sebelumnya, TIM KKN Desa Krandon Lor masih disibukkan dengan agenda belajar mengajar bersama siswa di beberapa SD maupun MI di desa Krandon Lor. Kevin dan Yuni yang sebelumnya telah mengisi materi tentang dokter kecil di MI 01 pada hari Rabu lalu, mengajar dengan materi yang sama di SD N 01 Krandon Lor pada siswa kelas 4, dan 5. Siswa dikumpulkan di ruang kelas 5, dan mereka memulai kegiatan seusai jam istirahat sekolah, yakni jam 09.30 pagi. Selain Kevin, dan Yuni, anggota TIM KKN lain yaitu Mei juga memandu kegiatan belajar mengajar pada anak-anak SD. Siswa kelas 2, 3, 4, dan 5 SD N 03 Krandon Lor dikumpulkan menjadi satu ruangan di ruang kelas 5 untuk diberikan materi tentang ilmu dasar bumi. Suasana terasa kondusif meski sedikit riuh. Kegiatan di SD N 03 ini dimulai pada pukul 10.00 sampai 11.30 siang.

Sekitar jam 2 siang, TIM KKN Desa Krandon Lor melanjutkan kegiatan dengan memberikan bimbingan belajar pada anak-anak SD dan SMP di balai dusun Tegal Ombo. Kegiatan bimbingan belajar ini merupakan permintaan dari kepala dusun Tegal Ombo yang meminta kami untuk memberikan edukasi maupun bimbingan terhadap anak-anak sekolah di desa Krandon Lor. Kegiatan ini dihadiri oleh puluhan siswa SD dan SMP dari berbagai dusun. Acara berakhir sekitar pukul 4 sore.

Malam harinya, sekitar jam 8 malam kami menghadiri kegiatan pertemuan bersama Karang Taruna Putra Nailendra di kediaman Mas Waluyo. Mas Waluyo merupakan ketua dari Karang Taruna Putra Nailendra. Setelah acara sambutan dan perkenalan, salah satu anggota TIM KKN, Yuni Lestari mengisi materi tentang pendidikan Seks pada sekitar 40 peserta yang hadir. Setelah kegiatan pertemuan berakhir, sekitar pukul 10 malam, kami berdiskusi santai dengan mas Waluyo tentang kondisi desa, pengelolaan posdaya, dan lain sebagainya.

555

Gambar 5. Pertemuan antara TIM KKN Desa Krandon Lor dengan Karang Taruna Putra Nailendra

 

Sabtu – 28 Januari 2017, Beberapa anggota TIM KKN Desa Krandon Lor hadir di acara PKK pada pukul 09.00 di balai desa Krandon Lor untuk melaksanakan program pelatihan pembuatan vertikultur. Vertikultur merupakan penanaman tanaman dengan memanfaatkan media tanam yang bisa dibuat bersusun secara vertikal. Program ini dipandu oleh Luthfi sebagai kreator. Acara berjalan selama kurang lebih 1 jam.

Beberapa anggota TIM KKN lainnya juga menghadiri sekaligus mengisi acara PKK lain, yakni PKK di dusun Jengglong. Di kediaman Ibu Yeni, TIM KKN melakukan sosialisasi tentang pembuatan Bento. Program sosialisasi ini dipandu oleh Intan, yang merupakan mahasiswi jurusan Sastra Jepang Universitas Diponegoro. Bento merupakan salah satu menu makanan Jepang yang biasa dibuat untuk anak-anak. Kegiatan sosialisasi ini berlangsung pada pukul 2 siang sampai pukul 4 sore. Anggota TIM KKN lainnya juga tidak kalah sibuk dengan Intan, mereka memiliki agenda untuk mengisi kegiatan bimbingan belajar yang sama seperti yang dilakukan pada hari Jumat lalu. Kegiatan bimbingan belajar dimulai pada pukul 2 siang. Anak-anak yang hadir pada kegiatan bimbingan belajar ini terlihat lebih banyak dari kegiatan bimbingan belajar hari sebelumnya.

666

Gambar 6. Kegiatan bimbingan belajar di balai dusun Tegal Ombo

 

Minggu – 29 Januari 2017, Pukul 7.30 tepat, seluruh anggota TIM KKN Desa Krandon Lor berangkat ke SD N 03 Krandon Lor untuk melaksanakan program ’Kelompok Pecinta Bumi’ yang digagas oleh Mei. Program ini merupakan program edukasi yang bersifat outdoor. Para siswa kelas 4, 5, 6 yang menjadi peserta dari kegiatan ini diajak untuk bermain sekaligus belajar di halaman sekolah. Mereka juga diajak berkeliling di jalan sekitar sekolah dengan dipandu oleh TIM KKN. Setelah melakukan berbagai kegiatan di luar kelas, para siswa dikumpulkan di dalam kelas dan diajak untuk membuat maket dengan bahan dasar koran yang sudah dihancurkan dengan air. Acara ini berlangsung selama hampir 7 jam dan berakhir sekitar pukul 14.30 siang. Acara diakhiri dengan pembagian hadiah pada para siswa oleh TIM KKN. Setelah pembagian hadiah, para peserta kegiatan bersama dengan seluruh TIM KKN melakukan sesi foto bersama di halaman sekolah.

777

Gambar 7. Foto bersama dengan siswa SD N 03 Krandon Lor seusai kegiatan ‘Kelompok Pecinta Bumi’