KEBIJAKAN BARU POSYANDU, ADMINISTRASI DIBANTU DENGAN PEMBUATAN BUKU
Semarang, Pedalangan (30/01). Keadaan pandemi COVID-19 (Coronavirus Disease-19) yang sudah hampir genap setahun berlangsung dan menyerang jutaan orang di Indonesia menyebabkan perlunya untuk mengubah mekanisme dan kebijakan dalam pelaksanaan suatu kegiatan, termasuk kegiatan posyandu. Kegiatan posyandu di Kelurahan Pedalangan khususnya di RW I sempat mengalami pemberhentian selama 6 bulan, dan kembali dilakukan dengan mekanisme yang berbeda dimana dilaksanakan di lingkup yang lebih kecil yaitu lingkup RT yang bertujuan untuk tetap mengukur dan mencatat secara rutin data antropometri peserta posyandu di masing-masing RT untuk mencegah adanya kemungkinan gizi buruk dan gagal tumbuh pada balita dengan mengurangi potensi kerumunan yang mungkin terjadi.
Pelaksanaan posyandu pada setiap RT dilaksanakan dengan mekanisme yang berbeda, mulai dari pelaksanaan pengukuran yang dikumpulkan di suatu tempat sampai pengukuran yang dilakukan dengan mendatangi peserta posyandu satu persatu. Masing-masing hasil pengukuran dituliskan pada secarik kertas yang dikumpulkan kepada ketua kader posyandu tingkat RW sehingga berpotensi data menjadi tercecer atau hilang serta pengambilan komponen antropometri dan data primer (nama dan tanggal lahir) yang tidak sama. Pembuatan buku administrasi peserta posyandu pada masing-masing RT merupakan suatu inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa Ilmu Gizi UNDIP yang melaksanakan KKN (Kuliah Kerja Nyata) di Kelurahan Pedalangan sehingga dapat dijadikan solusi untuk mempermudah proses pelaksanaan posyandu dengan mengurangi perbedaan penulisan data primer dan komponen pengukuran antropometri di setiap bulannya. Buku administrasi peserta posyandu berisi nama, tanggal lahir, umur (bulan), nama orang tua, alamat, tinggi badan, berat badan, lingkar lengan atas, lingkar kepala, indeks massa tubuh (IMT), dan keterangan yang dapat diisi dengan data penerimaan vitamin atau PMT (Pemberian Makanan Tambahan).

Buku administrasi dibagikan kepada RT 06-10 di RW I, Kelurahan Pedalangan dengan proses pengambilan dan pengonfirmasian data selama 3 minggu serta proses pencetakan dan pendistribusian selama 1 minggu dimulai dari tanggal 04/01-29/01. Buku administrasi langsung dibagikan kepada kader posyandu di masing-masing RT 06-10 disertai dengan penjelasan isi dan tata cara pengisian untuk selanjutnya. Kader posyandu merasa sangat senang dan terbantu dengan adanya buku administrasi karena memudahkan dan mempercepat proses pengambilan data peserta posyandu serta memudahkan masing-masing kader posyandu tingkat RT untuk mengumpulkan data kepada kader posyandu tingkat RW. Adanya buku administrasi memudahkan pelaporan data peserta posyandu di RT 06-10, RW I, Kelurahan Pedalangan untuk pihak Kelurahan Pedalangan dan pihak puskesmas.
