Bangkitkan UMKM, Mahasiswa KKN Undip di Pati Lakukan Sosialisasi Pentingnya Digital Marketing di Tengah Pandemi Covid-19
Pati, (20/01/2021). Serangkaian kegiatan KKN Mahasiswa Universitas Diponegoro telah dilaksanakan di Pati tepatnya di Desa Jepat Lor Kecamatan Tayu. Adanya Pandemi Covid-19 memiliki dampak yang sangat besar terhadap seluruh sektor kegiatan masyarakat. Seluruh kegiatan perkantoran dan juga pendidikan dilakukan secara daring. Begitupula dengan Universitas Diponegoro (Undip) yang mengadakan kegiatan perkuliahan secara jarak jauh dan daring terutama untuk kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN). KKN di tahun 2021 ini dilakukan secara daring dan dilaksanakan secara individual dengan pelaksanaan di desa atau domisili masing-masing mahasiswa. Hal ini dilakukan guna menekan angka penyebaran Covid-19 di Indonesia.
Sektor perekonomian Indonesia mengalami penurunan akibat adanya Pandemi Covid-19, yang menyebabkan banyaknya pegawai yang mengalami PHK atau bahkan mengalami kebangkrutan usaha. Tidak hanya itu saja, adanya kebijakan sebelumnya yang telah dilakukakan pemerintah untuk tetap di rumah, social distancing, dan bekerja di rumah berdampak besar terhadap UMKM di Kabupaten Pati tanpa terkecuali di Desa Jepat Lor Kecamatan Tayu.
Anjuran social distancing demi menghindari penularan virus Corona yang lebih luas, sedikit banyak turut andil menurunkan aktivitas jual-beli di tengah masyarakat. Contohnya pelaku usaha toko Bariklana dan usaha makanan Ciroku di Desa Jepat Lor.
Menurut Ulin selaku pemilik toko, virus Corona telah membuat omzet tokonya mengalami penurunan hingga 15 persen. Begitu juga Kokos pemilik usaha makanan merasa sangat berdampak dengan adanya pandemi Covid-19.
Dengan adanya digital marketing masyarakat tidak perlu bingung mencari lapak untuk berjualan, karena pemasaran bisa dilakukan secara online. Digital Marketing sendiri merupakan kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara daring dengan memanfaatkan berbagai sarana misalnya jejaring sosial.
Sosialisasi strategi digital marketing dalam bentuk pemanfaatan media sosial sangatlah penting. Alasanya karena dapat memberi pengetahuan kepada para pelaku UMKM mengenai cara maupun tahapan dalam memperluas jaringan konsumen melalui pemanfaatan media sosial dalam memasarkan produknya sehingga dapat meningkatkan keunggulan bersaing bagi UMKM itu sendiri.
Melalui kegiatan Sosialisasi secara door to door dengan memberikan brosur kepada pelaku UMKM yang telah dilakukan Dewi Widyanti (21) sebagai mahasiswa KKN Undip tim I periode 2021 diharapkan warga masyarakat Desa Jepat Lor Kecamatan Tayu Kabupaten Pati memiliki wawasan yang luas mengenai pentingnya literasi digital, menguasai ilmu kewirausahaan sehingga mampu mengelola usaha secara mandiri.
Penulis : Dewi Widyanti (FEB)
Dosen Pembimbing : Dr. Naniek Utami Handayani, S.Si., M.T.