Asik Bermain Setiap Hari, Mahasiswa Undip Buat Game Untuk Ingatkan Bahaya Covid-19 Pada Anak!
Demak (24/01) – Pada masa pandemi Covid-19 ini, pemerintah telah mengeluarkan kebijakan dalam bidang Pendidikan agar kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring melalui rumah masing-masing atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Kegiatan PJJ berlaku sejak Maret 2020, namun dikarenakan tingginya angka penyebaran Covid-19 maka pemerintah memperpanjang masa PJJ serta memberikan opsi agar pemerintah daerah/kantor wilayah (kanwil)/kantor Kementerian Agama (Kemenag) melakukan penyesuaian kebijakan sesuai kondisi, kebutuhan, dan kapasitas daerahnya. Hal ini sesuai dengan Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Menteri Agama (Menag), Menteri Kesehatan (Menkes), dan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran pada Semester Genap Tahun Ajaran dan Tahun Akademik 2020/2021 di Masa Pandemi Covid-19.
Pembelajaran jarak jauh tentu tidak se-efektif kegiatan belajar mengajar normal, banyak hambatan yang dihadapi misalnya akses internet dan perangkat yang terbatas, waktu dan materi yang lebih sedikit, dan susahnya beradaptasi dengan metode baru. Baik guru, orang tua atau wali dan murid semuanya harus beradaptasi dengan metode pembelajaran jarak jauh secara daring. Karena kurangnya interaksi antara guru dan murid, pembelajaran secara daring terkesan lebih monoton, hanya menatap perangkat elektronik seharian sehingga membuat murid-murid terutama murid Sekolah Dasar mudah jenuh dan bosan.
Untuk mengurangi jenuhnya pembelajaran jarak jauh, Dayat salah satu mahasiswa KKN Tim 1 Undip di Pucang Jajar Timur RW 21, Batursari, Mranggen, Demak membuat game sederhana sebagai sarana pengetahuan dan edukasi. Game ini dibuat menggunakan bahasa pemograman javascript dan dapat dijalankan di semua perangkat yang memiliki akses internet. Game yang dibuat disosialisasikan ke murid sekolah khususnya murid SD yang ada di RW 21 Pucang Jajar Timur. Selain untuk mengurangi kebosanan, game sederhana ini juga memberikan pengetahuan tentang bahayanya Covid-19 sehingga anak-anak bisa lebih berhati-hati dan menjaga dirinya sendiri. Game ini juga menambah ketelitian pada anak, melatih membaca secara menyeluruh, dan juga dapat meningkatkan konsentrasi anak – anak.
Kegiatan dilakukan di Taman Pujatim RW 21 dengan melibatkan murid SD sekitar. Kegiatan dimulai dengan saling berkenalan, kemudian memainkan game dengan mencari kata yang berkaitan Covid-19 dan menjelaskan kata-kata tersebut, lalu ditutup dengan membagikan makanan ringan kepada anak-anak serta stiker yang mengingatkan pentingnya 3M. Kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi kejenuhan anak-anak dalam pembelajaran jarak jauh dari rumah, dapat melatih ketelitian dan konsentrasi pada anak, mengedukasi dan menambah pengetahuan serta mengingatkan bahaya Covid-19 pada anak.
Penulis : Nanda Hidayatullah Abadi (21120117120012 – Teknik Komputer, Fakultas Teknik)
Dosen Pembimbing : Dyah Wijaningsih, S.H. M.H.