Ternak Sebagai Perantara Virus! Warga Kalikondang Sehat dan Sejahtera, Mahasiswa KKN Undip Beri Solusi

Kalikondang, Demak (03/02/2021), Sampai detik ini, wabah virus covid- 19 masih berlangsung hal ini menunjukkan bahwa perlu kewaspadaan yang lebih di perketat oleh warga untuk meminimalisir terkena covid-19. Kewaspadaan warga dapat dilakukan dengan melakukan tindakan biosecurity sekitar terutama hewan atau ternak yang ada dilingkungan warga. Hal ini diketahui bahwa ternak merupakan salah satu perantara virus covid-19 ke manusia. Sayangnya, kurangnya pemahaman masyarakat mengenai hal tersebut mengakibatkan warga acuh akan kesehatan dirinya maka dari itu tercetuslah ide untuk mengedukasi pentingnya biosecurity dan pembuatan desinfektan kandang yang praktis dan murah dalam program kerja ini. Nur Fajrina mahasiswa Peternakan dari Tim I KKN Undip 2021 mengadakan kegiatan “Edukasi Pentingnya Biosecurity Dan Pelatihan Pembuatan Desinfektan  Dalam Rangka Mewujudkan Salah Satu Tujuan SDGS Yaitu Hidup Sehat Dan Sejahtera Dari Penyebaran Penyakit Oleh Kandang Dan Hewan Ternak Ke Manusia.” yang dilaksanakan disekitar rumah dengan melakukan sosialisasi dan sharing melalui daring kepada ibu-bapak RT.02 disekitar rumah dan peternak kecil karena pandemi Covid-19 ini membatasi warga untuk berkumpul disuatu tempat serta publikasi ke youtube channel.

Tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan pemahaman peternak lokal, ibu-bapak mengenai pentingnya biosecurity kandang maupun tempat tinggal di lingkungan sekitar serta mampu memanfaatkan bahan yang murah dan mudah didapatkan untuk dijadikan desinfektan sebagai pelindung diri terhindar dari covid-19.

Penempelan Poster Program Kedua
Upload Pembuatan Desinfektan Sederhana di Youtube
Sosialisasi dan Edukasi dengan Peternak Sekitar

Kegiatan dilaksanakan dengan penempelan poster di papan pengumuman RT.02. Poster yang ditempel berisikan ajakan untuk penyemprotan desinfektan dilingkungan rumah maupun peternakan untuk melindungi diri dari virus. Selain itu, penyebaran video cara pembuatan desinfektan ke grup ibu-bapak RT.02 serta dipublikasi ke channel youtube untuk mempermudah kepada warga sekitar rumah hingga semua kalangan yang tidak ada dilokasi KKN dapat mengetahui dan memahami pentingnya pembersihan lingkungan salah satunya menggunakan desinfektan.

Kegiatan “Edukasi Pentingnya Biosecurity Dan Pelatihan Pembuatan Desinfektan  Dalam Rangka Mewujudkan Salah Satu Tujuan SDGS Yaitu Hidup Sehat Dan Sejahtera Dari Penyebaran Penyakit Oleh Kandang Dan Hewan Ternak Ke Manusia” berjalan dengan lancar karena warga dilingkungan rumah dan peternak lokal merasa senang dan terbantu dengan adanya edukasi dan pelatihan dari saya walaupun hanya melalui daring dan tatap muka secara terbatas. “terima kasih mbak, atas informasinya jadi saya tau kalau bukan hanya manusia maupun lingkungan tempat tinggal saja yang perlu dijaga kebersihan tapi ternak yang saya pelihara perlu juga karna dia juga salah satu yang bisa nyebarin virus ke saya (manusia)” tutur Pak Bambang salah seorang peternak yang saya datangi.

Penyusun         : Nur Fajrina A. M

Editor              : Dr. Aminah S.H., M. Si.