Tingkat Kesadaran Masyarakat Menurun, Mahasiswa KKN Tim 1 Undip Mengedukasi masyarakat

Cirebon,(03/02) – Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN)  UNDIP Tim 1 2020/2021 yang dilaksanakan mandiri oleh Mohammad Dwi Alri Riyanto di kampung halaman tepatnya di Rt.02/Rw.04 Desa Kedungdawa Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon.

Pandemi Covid-19 yang mewabah sudah berangsur-angsur lama, membuat masyarakat yang merasakan dampaknya sudah mulai bosan dan geram sehingga tingkat kesadaran masyarakat yang ada di Desa kedungdawa. Pemerintah setempat sudah melakukan edukasi, tetapi masyarakat sudah merasa himbauan pemerintah diabaikan. Melihat permasalahan yang ada Mahasiswa KKN Undip membuat brosur atau pamflet sebagai alat bantu untuk mengedukasi masyarakat tentang “Penerapan Protokol Kesahatan 3M dan Isolasi Mandiri” dengan tujuan membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan tingkat kesadaran protokol kesehatan.

Pamflet Isolasi Mandiri

Pamflet Protokol 3M Kesehatan

Kegiatan edukasi pada masyarakat Rw.o4 dilakukan pada Kamis (21/01) secara door to door. Kegiatan ini dilakukan agar masyarakat sadar untuk menerapkan protokol kesehatan 3M untuk melakukan aktivitas diluar rumah serta dapat memahami tentang bagaimana jika timbulnya gejala untuk menerapkan isolasi mandiri. Selain edukasi kepada masyrakat, dilakukan juga kegiatan pembagian masker kepada warga dan memasang spanduk, serta penempelan pamflet pada tiang disekitar Rw.04.

Kegiatan Edukasi pada warga Rw.04
Pemasangan Spanduk

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pemerintah dalam upaya meningkatkan kesadaran warga Rw.04 untuk menerapkan Protokol Kesehatan 3M dan memahami isolasi Mandiri.

Editor: Dr. Sunarno, S.Si, M.Si