Program “KREMAS” Mahasiswa KKN Undip, Solusi Bisnis pada Masa Pandemi COVID-19
KARANGREJO-GROBOGAN (5/02/2021), Jumlah kasus covid-19 terus meningkat di Indonesia. Berbagai upaya telah dilakukan oleh pemerintah untuk mengurangi jumlah kasus covid-19 mulai dari kebijakan social distancing, PSBB hingga lokdown daerah. Kebijakan-kebijakan tersebut telah mengubah lifestyle dikalangan masyarakat. Pengurangan aktivitas diluar rumah, work from home hingga kewajiban 5M menjadi kebiasaan baru di masyarakat.
Menjadi salah satu protocol penting dimasa pandemic covid-19, penggunaan masker telah jadi kebutuhan penting saat berpergian diluar rumah. Hal inilah yang membuat bisnis masker menjadi salah satu peluang bisnis dimasa pandemic covid-19. Selain itu, pembatasan kegiatan diluar rumah, membuat penggunaan sosial media menjadi tempat pelaksanaan pemasaran bisnis usaha.
Melihat permasalahan dan peluang dimasa pandemic covid-19, Aprilia Sudarwati mahasiswi KKN Tim I Undip 2020/2021 membuat program kerja bernama “Kremas” didusun juwono karangrejo. Program ini dilakukan untuk memberikan edukasi dan pelatihan dalam meningkatkan kreativitas dan menghasilkan produk yang bisa dijadikan bisnis pada masa pandemi covid-19 seperti bisnis masker.
Untuk menyukseskan kegiatan ini, Aprilia menggandeng beberapa masyarakat seperti ibu rumah tangga dan para remaja untuk ambil serta dalam kegiatan. Aprilia menjelaskan bahwa ‘Kremas’ atau kreasi masyarakat ini bisa menjadi solusi bagi ibu rumah tangga atau para remaja yang ingin membuat usaha bisnis namun bingung memulainya.
Kegiatan diawali dengan pembuatan materi membuat perencanaan bisnis (business plan) lalu membeli bahan serta perlengkapan untuk praktik pembuatan masker. Kegiatan berlangsung selama dua hari dengan mengumpulkan warga dengan maksimal 5 orang untuk setiap kegiatan. Pada hari kamis (22/01), edukasi dilakukan dengan para remaja dan Jumat (23/01) kegiatan dilakukan dengan para ibu rumah tangga.
Setelah masker selesai dibuat, Aprilia juga memberikan contoh melakukan penjualan masker melalui sosial media instagram dan memberi contoh menjual barang melalui market place. Harapan penting dari kegiatan ini, masyarakat mampu menciptakan peluang bisnis dimasa pandemic covid-19 dari rumah.
Penulis : Aprilia Sudarwati (S1 Akuntansi)
Dosen Pembimbing KKN : Marwini, S.HI., Lc., M.Si.