Ternyata Komik juga Punya Fungsi Lain!

Kabupaten Tangerang (27/01/2021) – “Ma, aku bosan nih..” Pernah mendengan keluhan seperti itu? Mungkin ketika berkunjung ke rumah salah satu kerabat atau adik kecil yang duduk lesu di ruang tamu keluarga?

Ternyata, tidak hanya para orang tua maupun mahasiswa, anak kecil juga merasa jenuh karena harus berada di rumah dan membatasi kegiatan bermainnya. Dari pagi hingga waktu sebelum sholat ashar harus menghabiskan waktu di depan layar komputer mendengarkan penjelasan dari guru. Untuk mengurangi rasa jenuh tersebut, penulis membuat program yaitu mini comic yang berjudul Study With Mikomi-san!. Program ini dilaksanakan pada dua tempat yaitu SD Negeri 03 Binong dan Desa Sari Bumi RT 08.

Gambar 1. Sampul mini comic dan halaman judul setiap bab

Mini comic tersebut berisikan pengetahuan bahasa Jepang dasar antara lain huruf hiragana, katakana, angka dan beberapa kosa kata yang dapat dipelajari oleh anak kecil dengan ilustrasi yang menarik. Bahasan di dalam komik tersebut dibagi menjadi 7 bab dengan masing-masing bab memiliki alur cerita yang beragam. Penulis terinspirasi dari komik Jepang yang banyak diminati oleh berbagai kaum terutama anak kecil. Selain memperkenalkan bahasa Jepang, dengan komik kecil itu penulis juga memiliki tujuan untuk meningkatkan minat baca anak-anak. Penulis membagikan mini comic kepada anak SD Negeri 03 Binong dan anak-anak RT 08 Desa Sari Bumi. Penulis selain membagikan mini comic juga menjelaskan secara singkat mengenai bahasa Jepang seperti bagaimana cara memperkenalkan diri menggunakan bahasa Jepang dan menyebutkan usia.

Gambar 2. Pengajaran bahasa Jepang dasar melalui mini comic

Penulis mendapatkan respon yang positif mengenai mini comic tersebut. “Buku ini sangat menarik, bahkan saya saja ingin membaca terus-terusan.” Ungkap salah satu ibu ketika mengawasi anak-anak saat penulis menerangkan. “Dengan komik ini, aku bisa nulis namaku dan belajar bahasa Jepang.” Ungkap Zahra, salah satu anak yang mendapatkan mini comic.

Penulis: Bintang Sakti Maharani

Dosen PL: Nurhadi Basit, ST., M.Eng