Sulitnya Akses Mendapatkan Informasi Desa, Mahasiswa UNDIP Hidupkan Kembali Akses Informasi Seputar Desa

Banyumas (6/2) – Pada masa pandemi seperti ini, akses untuk mendapatkan suatu kebutuhan tentunya berkurang. Selain kebutuhan akan barang maupun jasa, kebutuhan mengenai informasi juga sama pentingnya bagi masyarakat. Meskipun tidak begitu terasa manfaatnya, akan tetapi informasi sebetulnya sangatlah penting dalam kehidupan sehari-hari. Apabila tidak dalam masa pandemi, informasi bisa didapatkan dengan cara bercengkerama dengan masyarakat lain secara tatap muka maupun melakukan pertemuan antar warga baik dilakukan secara sengaja maupun tidak sengaja. Namun, pada masa pandemi seperti ini kita dianjurkan untuk mengurangi tatap muka maupun berkumpul dengan orang lain atau membuat kerumunan.

Desa Sokaraja Wetan sebetulnya sudah mempunyai website desa yang dapat sudah dapat diakses secara global melalui internet, akan tetapi karena sudah sangat lama tidak dikelola sehingga website desa tersebut terbengkalai. Selain itu juga, perangkat desa yang seharusnya bertugas untuk mengelola website desa tersebut juga sudah lupa mengenai username dan password untuk login ke halaman admin dari website desa tersebut.

Hal tersebut memunculkan inisiatif salah satu anggota Tim KKN Universitas Diponegoro Desa Sokaraja Wetan untuk membuat kembali website desa tersebut dan melakukan pelatihan untuk cara mengelolanya. Tak lupa pula mengingatkan perangkat desa untuk mencatat dan menyimpan dengan baik akun yang digunakan untuk melakukan login ke website desa tersebut.

Setelah template untuk website desa tersebut dibuat dan dipersiapkan untuk nantinya ditambahkan postingan, selanjutnya yaitu melakukan pelatihan kepada perangkat desa yang diberikan amanah oleh kepala desa untuk mengelola website desa tersebut. Pelatihan tersebut hanya dilakukan selama 1 hari yang dimulai dari pukul 09.00 sampai dengan pukul 12.00.

Selain diberikan pelatihan dalam satu hari tersebut, Tim KKN Universitas Diponegoro juga memberikan bantuan kedepannya apabila perangkat desa tersebut mendapatkan kesulitan dalam melakukan pengelolaan website karena ilmu mengenai website sangatlah luas dan juga faktor lupa bisa saja menimpa siapapun. Dengan diberikan pelatihan dan bantuan kedepannya apabila terdapat masalah semoga dapat menjadi solusi agar masyarakat bisa mendapatkan informasi mengenai desa dengan cepat dan akurat.

Penulis : Sichuan Mulia Cipta Lang

Dosen Pembimbing Lapangan : Dinalestari Purbawati, SE., M.Si., Akt