Ekonomi Terus Menurun, Mahasiswa KKN UNDIP Edukasi Warga Cara Membuat Akuaponik

Semarang (5/02/2021), angka korban terdampak virus Covid di Kota Semarang yang terus meningkat membuat masyarakat menjadi panik jika beraktivitas diluar rumah. Selain itu, penerapan PSBB dan PPKM membuat para warga yang berprofesi sebagai pedangang semakin resah karena pendapatan tiap bulannya terus menurun.  Mulai tanggal 4 Januari 2021 Universitas Diponegoro menerjunkan Mahasiswa KKN kepada masyarakat didomisili masing-masing, yaitu tempat asal mahasiswa untuk melakukan pengabdian program kerja. Bagaimana cara agar perekonomian warga tetap stabil dimasa pandemi seperti ini? Banyak cara yang bisa dilakukan para pedagang untuk menambah pemasukan dimasa pandemi seperti ini, salah satunya memasukkan dagangannya ke aplikasi online. Namun hal itu cukup sulit dilakukan karena terdapat spesifikasi yang harus dipenuhi oleh para pedagang. Sehingga dibutuhkan solusi bagaimana cara meningkatkan perekonomian para pedangan maupun masyarakat yang sedang kesulitan dimasa Pandemi Covid ini. Salah satunya dengan melakukan edukasi dan menciptakan akuaponik sebagai suatu langkah perbaikan perekonomian dan melawan penyebaran virus Covid.

Pengedukasian Akuaponik kepada Warga RT 3 RW 3 Kelurahan Pedalangan
 (Sumber: Galeri Penulis)

Mengingat kondisi saat ini yang masih rawan akan penyebaran virus Covid, pelaksanaan edukasi akuaponik dilakukan dengan tidak melakukan perkumpulan secara massal melainkan dilakukan dengan penyerahan akuaponik yang dibantu beberapa warga sekitar di kawasan RT. 3 RW. 3 Kelurahan Pedalangan dengan tetap menjalankan protokol yang berlaku seperti memakai masker dan mengurangi terjadinya kontak fisik satu sama lain serta selalu mencuci tangan. Sasaran dari program ini yaitu seluruh warga RT. 3 RW. 3, Kelurahan Pedalangan, Kota Semarang.

Program kegiatan ini dilaksanakan oleh Muh. Arrachman NAN dari Mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro Periode 2021. Kegiatan tidak dilakukan hanya dengan menyerahkan akuaponik melainkan juga menjelaskan alat dan bahan yang dibutuhkan serta cara membuat akuaponik tersebut. Selain itu, terdapat edukasi cara merawat ikan dan tanaman yang akan dibudidayakan.

“Harapannya dalam program edukasi dengan melakukan penyerahan dan penjelasan mengenai akuaponik ini berharap agar masyarakat RT. 3 RW. 3 Kelurahan Pedalangan dapat memanfaatkan peluang bisnis dari hal sekecil apa pun. Selain itu, semoga warga dapat mengurangi kegiatan-kegiatan diluar kawasan rumah dimasa pandemi Covid” ujar kepala RT. 3 RW. 3, Kelurahan Pedalangan, Banyumanik, Pak Dwi Kuryanto.

Penulis: Muh. Arrachman NAN (Fakultas Teknik, Teknik Industri)

DPL: Yanuar Yoga Prasetyawan, M.Hum.