Demi Mencegah Penyebaran Hoax, Mahasiswa KKN Undip Edukasi Warga Kelurahan Sumurboto

Semarang (5/2) – Pada kegiatan KKN hari Minggu, 24 Januari 2021, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro (Undip) memberikan edukasi Bijak Bermedia Sosial kepada warga RT 06 / RW III, Kelurahan Sumurboto, Banyumanik, Semarang.

Kegiatan ini diawali dengan senam pagi bersama warga setempat, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan tentang Pentingnya Lebih Bijak dalam Menggunakan Media Sosial. Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa dan masyarakat dianjurkan untuk tetap melakukan protokol kesehatan.

Gambar Poster “Bijak Bermedia Sosial”

Menurut seorang mahasiswa, edukasi ini sangat penting dilakukan karena di tengah pandemi ini kasus penyebaran hoax dan penyalahgunaan media sosial semakin meningkat. Kurangnya sosialisasi bermedia sosial kepada masyarakat, akhirnya membuat masyarakat dengan mudah menyebarkan informasi yang tidak jelas kebenarannya. Dengan pemberian edukasi ini, diharapkan dapat mengubah perilaku masyarakat agar lebih bijak dalam menerima, memastikan kembali, dan membagikan berita tersebut.

Pemaparan Materi Edukasi Bijak Bermedia Sosial

Selain untuk mencegah penyebaran hoax, melalui program ini diharapkan masyarakat bisa lebih berhati-hati tentang bahaya yang bisa timbul sebagai dampak penyalahgunaan media sosial seperti penipuan, pencurian data pribadi, penyebaran konten illegal, dan pembajakan akun.

Penulis : Rendi Gestono – Teknik Perkapalan 2017

Dosen Pembimbing : Dr.Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si.