Canggih ! Mahasiswa KKN Undip Ajak Warga Sulap Lahan Perkarangan

Semarang (7/2/2021), Semenjak adanya pandemi Covid-19 cukup meresahkan seluruh warga karena mengharuskan mereka untuk memperbanyak aktivitas di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Tak hanya itu sebagian mereka ada yang kehilangan pekerjaan dan sulit untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarganya.

Oleh karena itu, salah seorang Mahasiswa KKN UNDIP Jurusan Teknik Perencanaan Wilayah Kota, Mahda Huriyatul Syaputri Syam berinisiatif mengajak masyarakat di RT4/RW1 Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumahnya dengan tujuan agar masyarakat dapat memproduksi kebutuhan konsumsi keluarga secara mandiri.

Kegiatan sosialisasi pemanfaatan lahan perkarangan ini dilakukan pada Sabtu (30/1/2021) di kediaman Ketua RT4/RW1 Kelurahan Meteseh yang dihari oleh ibu-ibu PKK. Sosialisasi ini disampaikan Mahda dengan materi : “Urgensi Pemanfaatan Lahan Pekarangan di Tengah Pandemic Covid-19”.

Foto Bersama Ibu-Ibu PKK RT 4 Pasca Sosialisasi

Lebih lanjut Mahda yang juga menjelaskan bagaimana cara memanfaatkan lahan pekarangan secara optimal, mulai dari lahan yang luasnya minim sampai yang luas lahannya besar, mejelaskan apa-apa saja tanaman yang bisa ditanam dan memberikan contoh model budidaya yang bisa ditanam oleh warga dengan mudah.

Output yang akan dicapai dari kegiatan sosialisasi ini adalah pembangunan Taman TOGA (Obat Keluarga) di lingkungan RT4/RW1 Kelurahan Meteseh. Oleh karena itu sehari setelah pelaksanaan sosialisasi yaitu pada Minggu (31/1), Mahda bersama rekan-rekannya mahasiswa KKN langsung mengajak masyarakat untuk melakukan kerja bakti dalam rangka membersihkan lahan yang akan dibangun sebagai Taman TOGA. “Kerja bakti ini akan dilakukan sebanyak 2x lagi sampai Taman TOGA di RT 4 dapat terbangun sesuai dengan rencana, dan semoga dapat memberikan manfaat bagi seluruh masyarakat RT4/RW1 Kelurahan Meteseh”. Ucap Mahda.

Desain 3D Taman TOGA RT4/RW1 Kelurahan Meteseh

Keikutsertaan warga dalam kerja bakti ini menunjukan adanya semangat dan antusias warga untuk peduli terhadap lingkungan dan keluarganya. Karena disamping lahan perkarangan menjadi tertata dan lebih hijau, kebutuhan akan konsumsi rumah tanggapun menjadi lebih terjamin.

Kerja Bakti Bersama Warga RT 4 Pada Minggu Pagi

Ketua RT 4 yang diwakili oleh Istrinya (Nova, 42 tahun) sangat berterima kasih dengan kegiatan dan program yang dilakukan Mahda bersama Rekan-rekannya. Dirinya juga berikan apresiasi atas inovasi -inovasi yang dilakukan Mahasiswa KKN Undip

“Semoga ilmu dan pengalaman yang telah diberikan oleh Mahda beserta rekan-rekanya dapat diaplikasikan dan diterapkan oleh masyarakatnya, dan menjadi amal ibadah bagi Mahasiswa KKN”, imbuhnya dengan senyum khasnya.

Penulis : Mahda Huriyatul Syaputri Syam (Teknik PWK – 21040117120008)

Dosen Pembimbing : Dr. Ir. Dwi Haryo Ismunarti, M.Si