Dukung 1000 HPK, Mahasiswa Undip Lakukan Edukasi Gizi untuk Ibu Hamil

Bangsri, Brebes (7/2/2021) – Ibu hamil merupakan salah satu kelompok yang rentan kekurangan gizi karena terjadi peningkatan kebutuhan gizi (ibu dan janin). Masa kehamilan merupakan 1000 HPK (Hari Pertama Kehidupan), artinya jika terjadi kekurangan gizi pada masa tersebut akan berdampak pada kesehatan, perkembangan otak, kecerdasan, kemampuan sekolah yang bersifat menetap dan tidak dapat diperbaiki. Selain itu, dalam jangka panjang kelak anaknya akan lebih berisiko untuk menderita penyakit degeneratif (DM, PJK, Hipertensi) dibandingkan dengan yang tidak mengalami kekurangan gizi.

Oleh karena itu, mahasiswa KKN melakukan kegiatan edukasi gizi dengan menggunakan media booklet mengenai gizi selama dan setelah kehamilan. Edukasi ini dibarengi dengan lomba membuat menu gizi seimbang. Kegiatan ini dilakukan pada 6-7 Februari 2021 secara door to door di RT 04 RW 05 Desa Bangsri, Kecamatan Bulakamba, Brebes. Program ini mendukung tujuan SDGs yaitu menjamin bahwa semua orang dapat menikmati makanan yang aman dan bernutrisi sepanjang tahun.

Booklet Gizi Ibu Hamil
Edukasi Gizi kepada Ibu Hamil
Lomba Membuat Menu Gizi Seimbang

Program ini dapat meningkatkan pengetahuan ibu hamil, memahami, dan bisa menerapkan gizi selama dan setelah kehamilan seperti praktik ASI dan MPASI, sehingga nantinya pertumbuhan dan perkembangan anak menjadi optimal.

Penulis : Dewi Sulastri

Prodi : S1 Ilmu Gizi, Fakultas Kedokteran UNDIP

DPL: Nissa Kusariana, S.KM., M.Si