Dukung Upaya Pengurangan Kemacetan, Mahasiswa KKN Merancang Pengoptimalan Lahan Parkir

Area RT 05/RW 03 Kelurahan Pedalangan merupakan salah satu kawasan yang dapat dibilang padat bangunan dan sebagian besar bangunannya terletak di pinggir jalan. Jl. Tirto Agung yang mayoritas berupa kawasan pertokoan ini tidak lain kerap kali menyebabkan terganggunya lalu lintas di sekitar kawasan karena jumlah gerai yang ada tidak sebanding dengan lahan kosong untuk parkir yang tersedia.

Parkir sendiri adalah keadaan tidak bergerak suatu kendaraan yang tidak bersifat sementara sedang berhenti dengan pengemudi tidak meninggalkan kendaraannya. Pembinaan dan pengelolaan perparkiran merupakan kegiatan yang perlu dilaksanakan secara terpadu dan terkendali di daerahnya, hal itu bertujuan untuk menjamin agar dalam pelaksanaannya dapat diselenggarakan pembinaan yang berhasil mewujudkan penataan lingkungan perkotaan, kelancaran lalu lintas jalan, ketertiban administrasi pendapatan daerah serta dapat mengurangi beban sosial melalui penyerapan tenaga kerja.

Warga lokal seringkali mengeluh karena harus memarkirkan kendaraan mereka pada lahan milik orang lain atau tidak beraturan pada pinggir jalan karena keterbatasan lahan. Berdasarkan wawancara dengan Pak Rawidjo selaku Ketua RT 05, Beliau mengatakan salah satu pemicu utama sempitnya lahan terbuka pada sepanjang Jl. Tirto Agung adalah adanya pemunduran hak tanah milik warga pada tahun 1997 guna memperlebar jalan. Masyarakat yang dahulu belum paham betul mengenai kebijakan dan tidak bisa berbuat banyak, kini mau tidak mau merasakan akibatnya.

Didasarkan pada alasan yang disebutkan diatas, penulis melakukan program rencana yaitu dengan mendesain Lahan Parkir yang layak dengan mengoptimalkan lahan tidak terpakai. Berlokasi di belakang proyek Apartemen Alton yang masih digarap sampai saat ini. Lahan kosong ini terbilang lahan adidaya yang dikelola oleh pihak Kehutanan.

 Dengan luas sekitar hampir 0,2 hektar, lahan diharapkan dapat dioptimalkan untuk menampung hampir 50 buah kendaraan bermobil lengkap difasilitasi dengan prasarana penunjang. Dengan harapan ke depannya dari Masterplan lahan parkir dapat direalisasikan dan dapat membantu pertumbuhan ekonomi dan kas daerah setempat serta mengurangi kemacetan yang ada.

Penulis: Anastasia Tyas Ayu Utami (Fakultas Teknik/S1 Teknik Sipil/21010117130102)

Dosen Pembimbing Lapangan: Yanuar Yoga, S.Hum, M.Hum