KKN Pulang Kampung: Ayo Terapkan Edukasi Anak di Masa Pandemi

Wonogiri (3/2). Mahasiswa KKN Universitas Diponegoro melakukan kegiatan edukasi untuk anak di masa pandemi ini. Kegiatan dilaksanakan di Dusun Ngudal, Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo. Sistem pelaksanaanya berupa personal rumah ke rumah. Di era globalisasi saat ini, teknologi tidak menutup kemungkinan akan selalu berkembang. Teknologi yang semakin berkembang tidak akan bisa untuk dicegah, namun sebagai pengguna patut untuk membatasi dan memilah mana yang baik untuk diri sendiri. Salah satu pengguna teknologi yang semakin banyak yaitu kalangan anak-anak. Mereka akan mudah dalam menyerap sesuatu dengan daya ingat yang tinggi.

Anak-anak cenderung memiliki sikap rasa ingin tahu yang tinggi, senang dengan hal baru. Hal tersebut memudahkan dalam mempelajari teknologi baru, contohnya game. Mereka sudah dibiasakan dengan penggunaan android sejak dini, terlebih lagi di masa pandemi dengan sistem sekolah daring membuat semakin tergantung pada benda tersebut. Namun jika hal tersebut terus berlanjut akan mengakibatkan ketergantung dengan beberapa efek negatif. Salah satu contohnya menderita sakit mata, malas dengan kegiatan lain seperti belajar, makan, dan sebagainya.

Orang tua salah satu anak Dalwini sangat memberikan apresiasi terhadap kegiatan ini. “ Alhamdulillah, kegiatan ini sangat bagus untuk anak-anak. Anak saya contohnya lebih sering bermain game maupun menonton youtube dari pada belajar”, katanya. Hiburan edukasi menjadi salah satu cara dalam mengurangi dampak negatif penggunaan android bagi anak. Sebuah program edukasi bisa dipadukan dengan sebuah hiburan. Hal tersebut akan menarik simpati anak-anak sehingga mengurangi kegiatan yang tidak bermanfaat. Kegiatan edukasi  dilaksanakan di Dusun Ngudal, Desa Platarejo, Kecamatan Giriwoyo. Sistem pelaksanaanya berupa personal rumah ke rumah. Sasarannya yaitu anak-anak dengan usia PAUD sampai SD. Rencana awal kegiatan tersebut melibatkan beberapa anak di Desa Platarejo, namun adanya peningkatan covid 19 memaksa untuk mengurangi kegiatan berkumpul. Kegiatan dilaksanakan pada hari rabu hingga kamis. Selama dua hari mampu menjangkau beberapa rumah warga yang memiliki anak usia PAUD maupun SD.

Edukasi anak di masa pandemi

Orang tua wali berharap anak-anak mampu memilah mana tontonan dan kegiatan yang bermanfaat dan mendidik. Mereka juga berharap mampu memberikan batasan pengunaan android di masa pandemi saat ini. Mampu memberikan hiburan edukasi yang mudah dipahami untuk mengurangi rasa bosan saat sekolah diberlakukan di rumah saja.

Fina Puspita Sari (Fakultas Ilmu Budaya)

DPL: Dr. Ir. Eny Fuskhah., M.Si.