Mahasiswa Undip Manfaatkan Grup Whatsapp sebagai Sarana Edukasi Pencegahan Covid-19 dan Pentingnya Vaksinasi

Sukoharjo (21/01/2021) – Peningkatan kasus covid-19 di Indonesia semakin tinggi pada awal tahun 2021. Sebanyak 3.137 warga Kabupaten Sukoharjo yang dikabarkan positif terkena Covid-19 (sumber data corona.sukoharjokab.go.id data cut off 10 Januari 2021).

Seorang mahasiswi KKN Tim 1 Undip 2021 yang tinggal di Desa Gentan, memiliki inisiatif untuk memberikan edukasi secara online kepada warga sekitar, yakni RW09 Desa Gentan, Kec. Baki, Kab. Sukoharjo. Pemberian edukasi dilakukan untuk membantu mencegah peningkatan kasus covid-19 khususnya di wilayah Desa Gentan. Media yang digunakan adalah dengan penyampaian informasi pencegahan covid-19 dan pentingnya vaksinasi dalam bentuk video animasi yang kemudian disebarkan melalui grup Whatsapp warga.

Potongan Video Pencegahan Covid-19 dan Pentingnya Vaksinasi

Permasalahan yang dijumpai oleh mahasiswa adalah kurangnya kesadaran warga RW09 Desa Gentan, Kab. Sukharjo terhadap pandemi covid-19 dan kepercayaan warga terhadap berita yang tidak tepat mengenai rencana vaksinasi covid-19 oleh pemerintah. Program ini diharapkan mampu mengurangi peningkatan kasus covid-19 di Sukoharjo.

Pelaksanaan Program Pemberian Edukasi Melalui Video Animasi pada Anggota Karang Taruna RW09
Pelaksanaan Program Pemberian Edukasi Melalui Video Animasi pada ibu-ibu Dawis RT04 RW09

Program edukasi pencegahan covid-19 dan pentingnya vaksinasi berbasis video animasi berjalan dengan baik yang disebarkan melalui grup Whatsapp yang tertuju pada remaja karang taruna dan ibu-ibu dawis RT04 RW 09 Desa Gentan, Kab. Sukoharjo pada hari Kamis 21 Januari 2021 dan Jumat 22 Januari 2021. Hal ini dianggap efektif oleh mahasiswa karena informasi lebih mudah dijangkau dan dapat dengan mudah untuk disebarluaskan kembali.

Penulis: Larissa Agustina Sukoco
Dosen Pembimbing: Dr. Ir. Eny Fuskhah., M.Si