Tingkatkan Jangkauan Pasar, Mahasiswa KKN UNDIP Kenalkan Strategi Pemasaran di Era Pandemi COVID-19 dengan Memanfaatkan Media Online Bagi Pelaku UMKM

Semarang (29/01), Penggunaan internet sebagai sarana bisnis sangat berkembang cepat di era teknologi informasi. Hal ini terlihat dari banyaknya kemunculan berbagai bisnis online yang menawarkan produk-produknya di media online. Kemunculan berbagai media online ini memberikan kesempatan bagi pemilik UMKM sebagai sarana untuk memperkenalkan dan memasarkan produk-produknya. Terlebih di masa pandemi COVID-19 ini memberikan dampak yang signifikan terhadap ekonomi dan usaha warga.

Pendampingan Pendaftaran Usaha di Instagram dan Google Maps

Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2021 membawa program “Pemanfaatan Media Sosial dan Google Maps Sebagai Sarana Pemasaran Online di Era Pandemi COVID-19 Bagi Pelaku UMKM di RW 06 Kelurahan Jabungan”. Sosialisasi ini adalah salah satu program monodisiplin dalam rangkaian kegiatan KKN Tim I Universitas Diponegoro Tahun 2021 yang dimulai pada tanggal 4 Januari hingga 16 Februari 2021. KKN Undip tahun ini mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi COVID-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDG’s)”.

Sejauh ini masih ada beberapa warga yang hanya mempromosikan usahanya melalui aplikasi Whatsapp, yang mana informasi yang diberikan terbatas yaitu hanya kerabat-kerabat dekat yang memiliki nomor Whatsapp pemilik usaha. Sedangkan, pelaku UMKM dituntut untuk lebih inovatif agar mampu bertahan di tengah pandemi COVID-19. Maka dari itu, perlu adanya sebuah strategi dalam pembangkitan ekonomi warga, salah satunya adalah memanfaatkan peran teknologi, seperti media sosial (Instagram) dan Google Maps.

Kegiatan ini dilaksanakan secara door-to-door kepada pelaku UMKM di RW 06 Kelurahan Jabungan. Selain pengenalan dasar, mahasiswa juga melakukan pendampingan dalam mendaftarkan usaha pelaku UMKM di aplikasi Instagram dan Google Maps. Pelaku UMKM sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini. Hal ini tampak saat kegiatan berlangsung, para pelaku UMKM terlihat semangat dan senang dengan kehadiran mahasiswa KKN Undip yang telah berbagi ilmu baru serta merasa terbantu telah didaftarkan dan diajari penggunaan media online ini. Diharapkan melalui kegiatan ini dapat mendukung dan meningkatkan perekonomian pelaku UMKM, khususnya di tengah pandemi COVID-19.

Penulis: Ummu Aida Husna (Fakultas Sains dan Matematika)

Dosen Pembimbing Lapangan: Dr. Ir. Martini, M. Kes