Mahasiswa Undip Berikan Pelatihan Pembukuan untuk Kesehatan Keuangan


(31/01/202) Berlokasi di wilayah Kelurahan Panggung, Kota Tegal, Jawa Tengah, pelatihan pembukuan sederhana bagi pelaku UMKM dilaksanakan dengan sistem door to door. Pelatihan pembukuan bertujuan untuk menciptakan manajemen keuangan yang sehat bagi pelaku UMKM yang sempat macet karena resesi akibat pandemi covid-19. Perlu diketahui, kegiatan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang baik.

Dalam pelatihan pembukuan, peserta dipilih berdasarkan metode sampling dengan memperhatikan wilayah yang penularan covid-19 di wilayah Panggung terbilang rendah. Kegiatan ini merupakan serangkaian kegiatan Kuliah Kerja Nyata edisi Pulang Kampung Tim 1 Periode 2021 yang mengusung tema tentang SDGs dengan program kerja yang linier sesuai studi ilmunya.

Pelatihan pembukuan dilakukan dengan media buku dan alat tulis. Sistem yang digunakan ialah mengajari secara perlahan dan memberikan pemahaman tentang debit maupun kredit. Konsep pembukuan sederhana dengan metode di atas perlu diterapkan karena para peserta belum tahu dasarnya sehingga memberikan gambaran secara runtut dan detil adalah cara yang terbaik.

gb. Pendampingan pelatihan bersama salah satu Ibu UMKM

Penulis : Sigit Nugroho