TINGKATKAN IMUNITAS: Mahasiswa Undip Ajak Warga Gemarikan

Kramas, Semarang (08/02/2021), Mahasiswa Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim I KKN Undip 2021 membuat sebuah program sosialiasi “Sosialiasi Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemar Makan Ikan) serta berbagai olahannya untuk pemenuhan kebutuhan protein yang baik di masa pandemi Covid19” di lingkungan RT 04 RW 05 Kelurahan Kramas, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Program ini dilaksanakan oleh Mikala Faza Alam, Mahasiswa Program Studi S1-Oseanografi, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. Program ini dilaksanakan dalam rangka KKN Tim I Undip yang dilaksanakan  secara mandiri di tengah masa pandemi dengan tema KKN yang dibawa yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid 19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”.

Pandemi yang sedang melanda seluruh dunia menuntut masyarakat di era sekarang untuk menjalankan pola hidup bersih dan pola hidup sehat. Ajakan untuk menaati protokol kesehatan terus dijalankan oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah, petugas kesehatan dan bahkan masyarakat itu sendiri melalui berbagai media. Pola hidup sehat juga tidak kalah pentingnya di masa sekarang ini. Salah satu bentuk upaya untuk meminimalisir kemungkinan terjangkit penyakit adalah dengan menjaga imunitas tubuh dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satu program yang mendukung pola hidup sehat adalah Gerakan Masyarakat Makan Ikan (Gemar Makan Ikan). Kandungan gizi yang terdapat di ikan dapat membantu pemenuhan kebutuhan gizi bagi tubuh. Hal ini menjadi salah satu upaya untuk menerapkan pola hidup sehat di masyarakat.

Pemberian sample olahan ikan
Sosialisasi Gemarikan ke warga

Program ini merupakan ajakan kepada  masyarakat agar dapat meningkatkan konsumsi ikan sebagai salah satu upaya untuk tetap mengonsumsi makanan bergizi di masa pandemi. Banyaknya manfaat kandungan gizi di dalam ikan diharapkan dapat meningkatkan imunitas tubuh di tengah masa pandemic untuk mengurangi resiko penyebaran virus. Ikan laut mengandung protein yang lebih mudah dicerna, omega-3 yang mampu menurunkan kadar kolesterol darah dan meningkatkan imunitas tubuh, serta vitamin D dan B kompleks yang mampu mencegah berbagai penyakit.  Ikan laut dapat diganti dengan ikan hasil tambak ataupun ikan air tawar bila keberadaannya sulit ditemukan di daerah masyarakat. Ikan laut, ikan hasil tambak, dan ikan air tawar semuanya sama-sama mempunyai gizi yang tinggi, meskipun kadarnya yang sedikit berbeda.