MAHASISWA KKN UNDIP PERKENALKAN APLIKASI DARI PERPUSTAKAAN NASIONAL REPUBLIK INDONESIA, IPUSNAS UNTUK MEMBIMBING ANAK SEKOLAH DARING

Semarang (10/2)– Pembelajaran daring masih diberlakukan hingga saat ini. Seluruh kegiatan belajar mengajar dilaksanakan di rumah. Kegiatan belajar daring menjadikan Orang tua memiliki peran tambahan yakni sebagai pembimbing yang menemani anak. Orang tua perlu memiliki bacaan dan referensi lebih supaya anak tetap bersemangat sekolah dengan sistem daring.

Mahasiswi Ilmu Perpustakaan Khoirin Nisa’ merupakan mahasiswa KKN bimbingan Dr. Drs. Catur Kepirianto, M.Hum mengenalkan aplikasi yang dapat menambah wawasan dan referensi yakni iPusnas. iPusnas merupakan aplikasi resmi dari Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang tersedia di Playstore dan dapat diunduh secara gratis. iPusnas memiliki ribuan macam koleksi bacaan yang dapat dibaca secara gratis.

Program KKN ini dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama yakni sosialisasi melalui media sosial whatsapp di grup PKK RT 01/01. Tahap ini merupakan pengenalan terhadap aplikasi iPusnas, bagaimana melakukan registrasi dan bagaimana meminjam buku.

Tampilan buku elektronik

Tahap kedua yakni Sosialisasi langsung door to door yang dilaksanakan 7 Februari 2021. Khoirin Nisa’ memilih sosialisasi door to door karena ingin mengurangi kontak fisik dan menghindari kerumunan saat pandemi covid-19 masih berlangsung. Sosialisasi door to door dilakukan dengan membagikan leaflet dan menunjukkan fitur yang ada di dalam aplikasi iPusnas.

“Saya menjadi lebih tahu setelah diberitahu dek Nisa ada aplikasi ini. Ini bisa nambah pengetahuan saya” ucap bu Retno Widiyanti, salah satu ibu-ibu PKK di RT 01/01 Tembalang.

Pengenalan aplikasi iPusnas ini diharapkan dapat membantu ibu-ibu PKK dalam menemani anak belajar dan menambah pengetahuan.

Penulis : Khoirin Nisa’
DPL : Dr. Drs. Catur Kepirianto, M.Hum