Bantu Apresiasi Hasil Kerajinan Warga, Mahasiswa KKN Undip Lakukan Pelatihan Penulisan Iklan di Media Sosial

Ungaran (8/2/2021) – Ide kreatif dapat muncul dari mana saja. Hal ini yang terjadi dengan Ibu-ibu warga RT 2 RW 2, Kelurahan Langensari, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang ini. Untuk mengisi waktu luang, mereka dengan rajin mengumpulkan bungkus bekas minuman sachet yang mereka konsumsi sehari-hari. Dari bungkus-bungkus tersebutlah, kemudian lahir sebuah anyaman yang mereka bentuk menjadi tikar, taplak, hingga tas tangan yang cantik.

                Tren membuat hasil kerajinan tangan dari bungkus minuman ini muncul sejak tahun 2019. Berawal dengan tujuan untuk mengisi waktu luang, kini proses penganyaman bungkus minuman ini telah menjadi teman pengisi waktu luang Ibu-ibu di sini. Tidak sampai untuk dijual, namun niat mereka hanya sebatas untuk koleksi pribadi saat bepergian.

Hasil karya warga RT 2

                Berangkat dari hal itu, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro tahun 2021 ingin membantu warga pengrajin ini untuk merambah ke tingkat yang lebih luas lagi. Dengan melihat ramainya penggunaan sosial media pada saat ini, maka barang tentu hasil karya dari Ibu-ibu rumah tangga ini dapat lebih diapresiasi oleh publik. Maka, Mahasiswa KKN Tim 1 Universitas Diponegoro tahun 2021 yang melakukan KKN di RT 2 Langensari ini berniat melakukan pelatihan penulisan iklan di media sosial.

                Bak gayung bersambut, niat mahasiswa KKN disambut dengan sama baiknya oleh Ibu-ibu RT 2. Hal ini memecut semangat mereka untuk membuat karya yang lain dan yang lebih unik lagi. Pelatihan ini dilakukan di rumah salah satu Ibu-ibu pembuat kerajinan dari bungkus minuman. Dalam pelatihan ini, diulas mengenai manfaat promosi melalui dunia digital, tips-tips memotret produk dan menuliskan takarir yang menarik guna membuat publik tertarik dengan hasil karya yang telah dibuat.

Pelatihan penulisan Iklan pada warga RT 2 Langensari

             

Penyerahan akun Instagram sebagai sarana penulisan iklan

   Harapannya, hasil karya warga RT 2 RW 2 Langensari ini dapat menginspirasi masyarakat umum, untuk memanfaatkan limbah keluarga menjadi barang yang dapat dimanfaatkan kegunaannya. Selain untuk menjaga lingkungan, barang yang dihasilkan juga dapat menjadi lumbung penghasilan bagi keluarga di masa yang sedang sulit ini.

Hanang Tri Asnawi – Sastra Indonesia
DPL: Dr. Aminah, S.H., M.Si.