DUAR!!! TINGKATKAN KEPEDULIAN K3 LISTRIK MAHASISWA KKN TIM I UNDIP MEMBERIKAN SOSIALISASI INSTALASI LISTRIK RUMAH

Jabungan, Banyumanik, Semarang (09/02) – Pandemi Covid-19 mengharuskan kita untuk lebih menjaga kebersihan serta kewaspadaan dengan membatasi kontak langsung kepada objek benda maupun antar manusia agar angka rantai penyebaran Covid-19 dapat berkurang, salah satunya dengan tetap dirumah saja. Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Diponegoro (UNDIP) Tim I periode 2021 kali ini bertema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Masa pandemi saat ini mengharuskan kita untuk melakukan seluruh kegiatan dirumah sehingga kebutuhan akan penggunaan listrik meningkat dan menjadi kebutuhan primer bagi semua orang. Resiko pemakaian listrik dirumah meningkat seiring peningkatan penggunaaan listrik sehingga perlu adanya sosialisasi instalasi listrik dirumah masing-masing agar tetap aman dalam penggunaannya.

Sosialisasi tersebut perlu diterapkan kepada masyarakat supaya masyarakat memahami pentingnya menerapkan K3 (Keselamatan dan Keselamatan Kerja) instalasi listrik dirumah agar terhindar dari kecelakaan akibat penggunaan listrik. Hari selasa (09/02) telah dilaksanakan program sosialisasi Keamanan dan Keselamatan Kerja (K3) Penggunaan Perangkat Listrik dan Kabel Listrik Rumah Tangga kepada warga di Kelurahan Jabungan, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang. Sosialisasi tersebut terdiri dari empat poin utama seperti Cek Instalasi Listrik, Penggunaan Peralatan Listrik yang Berkualitas, Peletakan Instalasi Listrik yang Aman, dan Durasi Kontak Peralatan Listrik. Sosialisasi dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Gambar 1. Sosialisasi pada Masyarakat RW 03 Jabungan
Gambar 2. Penempelan Poster Sosialisasi
Gambar 3. Sosialisasi pada Masyarakat RT 02 RW 03 Jabungan

Kegiatan tersebut dilakukan secara door-to-door, dengan konsep diskusi dua arah. Acara  berlangsung selama kurang lebih 2 jam dan mendapatkan sambutan yang hangat dari warga jabungan. “Baru kali ini mas saya diberi pencerdasan terkait listrik rumah, sangat bermanfaat mas soalnya dirumah saya ada anak kecil..” ujar Pak Rustam, Ketua RT 02 RW 03 Kelurahan Jabungan. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini warga jabungan memahami pentingnya menjaga keamanan instalasi dan penggunaan perangkat listrik rumah.

Penulis : Husein (21060117140063/FT/Teknik Elektro)

Diedit oleh : Dr. Ir. Martini, M. Kes