Cegah Covid-19, Mahasiswa Undip Edukasi Masyarakat Melalui Media KIE dan Gaungkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat dengan cara CTPS ( Cuci Tangan Pakai Sabun) di Desa Teluk Kapuas Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya Tahun 2021.

11th February 2021, KKN UNDIP TIM 1 2021.

Teluk Kapuas, Kubu Raya,- Pandemi Covid-19 saat ini telah melanda berbagai negara di belahan dunia termasuk Indonesia. Hingga saat ini kasus Covid-19 di Indonsesia masih tinggi, dengan demikian masyarakat harus selalu menerapkan protokol kesehatan dalam kegiatan di tempat dan fasilitas umum lainnya.

Dalam pelaksaan  Program KKN Tim I tahun 2021 mahasisswa KKN Undip membuat program pencegahan Covid-19 Melalui Perrilaku Hidup Bersih dan Sehat, yaitu salah satunya Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) dan Melalui media Komunikasi Informasi dan Edukasi, yaitu salah satunya pembuatan Poster. Program ini berupa penyebaran informasi terkait adaptasi Kebiasaan Baru.

Kegiatan Edukasi CTPS dilaksanakan pada hari Jumat, 22 Januari 2021 diikuti oleh 12 orang ibu-ibu pengajian RT 12 Komplek Cempaka Mas, dan tanggal 5 Februari 2021  pada Taman Pendidikan Alqurʾan Askar Qurʾani diikuti oleh 21 santri TPA Askar Qurʾani Desa Teluk Kapuas, Kecamatan Sungai Raya Kabupaten Kubu Raya.

Kebiasaan mencuci tangan memang terlihat sepele, namun memiliki manfaat besar untuk kesehatan salah satunya bisa mencegah penyakit serius seperti virus Corona yang akhir-akhir ini membuat gempar warga dunia termasuk masyarakat Indonesia. Centers of Disease Control and Prevention (CDC) mengatakan bahwa sebenarnya, secara tidak langsung mencuci tangan akan mengurangi dan membunuh jumlah kuman di tangan
Dalam hal ini mencuci tangan lebih disarankan menggunakan sabun dan air yang mengalir.

Kegiatan Edukasi  masyarakat terkait pencegahan Covid-19 melalui poster yang dipasang merupakan salah satu cara untuk membantu pemerintah dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Minggu, 24 januari 2021. Pemasangan di lakukan di 2 titik yaitu di depan gerbang masuk dan di pertengahan  RT 12 Komplek Cempaka Mas, Desa Teluk Kapuas, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya. Dengan adanya pemasangan poster ini diharapkan seluruh masyarakat memperoleh edukasi yang terkait langkah pencegahan Covid-19 dan selalu menaati protokol kesehatan yang diberikan.

Dosen Pendamping Lapangan              : Dr.Ir.Wiludjeng Roessali, M.Si

Penulis                                                 : Emi Utami (Fakultas Kesehatan Masyarakat /Epidemiologi Dan Penyakit Tropik 2019)