SANGAT UNIK! VIDEO ANIMASI BANTU ANAK DAN REMAJA DI KELURAHAN SIDOMULYO BELAJAR BAHASA INDONESIA
Ungaran (10/02), Di tengah pandemi yang belum juga usai, Fadhila membuat video animasi pembelajaran bahasa Indonesia. Fadhila memiliki tujuan untuk menghidupkan semangat belajar anak-anak dan remaja yang ada di lingkungan RW 03 Kelurahan Sidomulyo, Kabupaten Semarang khususnya untuk belajar bahasa Indonesia. Dengan menggunakan video animasi, Fadhila berhasil mengajarkan pelajaran bahasa Indonesia secara menyenangkan.
Video animasi tersebut telah dipersiapkan semaksimal mungkin selama satu minggu sebelumnya. Dengan suara karakter yang diisi dengan bantuan teman-temannya. video animasi tersebut berisi materi tentang tata cara merangkai kalimat efektif dalam bahasa Indonesia.
Menurut Fadhila sebagai mahasiswa pelaksana KKN ini, banyak anak-anak di lingkungannya yang belum mengerti tentang kalimat efektif. Berkaca dari permasalahan tersebut, akhirnya Fadhila membuat video animasi dengan materi kalimat efektif. Fadhila berharap anak-anak dan remaja yang menonton video animasi buatannya ini akan memahami kalimat efektif dan dapat mengaplikasikannya di dunia nyata.
Pembelajaran kalimat efektif ini disampaikan dengan cara yang menyenangkan karena video animasi tersebut menggunakan karakter yang lucu agar anak-anak semakin tertarik untuk menontonnya. Bukan tanpa sebab, video animasi ini dibuat karena keberhasilan program sebelumnya yang menggunakan media komik sebagai edukasi mengenai jenis masker dan fungsi-fungsinya.
Hasil dari video animasi ini dikemas dalam bentuk CD dan diberikan ke salah satu warga bernama Sada yang kebetulan memiliki dua orang adik.
“Saya cukup senang dengan adanya video animasi ini. Jujur sebelumnya saya sedikit kesulitan untuk mengajar, terutama bahasa Indonesia ke adik-adik saya. Saya ucapkan terima kasih, semoga video ini dapat dikembangkan dan bermanfaat bagi semua orang,” ujarnya.
Selain itu, Fadhila juga turut membuat video animasi yang berisi tentang pembelajaran alfabet untuk anak. “Memang sebelumnya ada dua kelompok yang membutuhkan pembelajaran tambahan. Untuk usia remaja materinya berisi tata cara merangkai kalimat efektif dan untuk balita atau anak-anak berisi pembelajaran alfabet,” jelasnya.
Lebih lanjut, pembuatan video animasi ini dilangsungkan dengan menggunakan protokol kesehatan yang ketat. Begitu juga waktu pembagian video dalam bentuk CD. Tidak lupa mencuci tangan dan menggunakan masker, Fadhila membagikannya juga dengan saling menjaga jarak satu sama lain.
Penulis : Fadhila Mazida, S1 Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Diponegoro
Dosen Pembimbing : Dr. Aminah, S.H., M.Si.