Inovasi Baru! Mahasiswa Undip Buat Digitalisasi Data Untuk Mempermudah Akses Data Warga Pucang Jajar Timur

Demak (05/02) – Salah satu tema pada KKN yaitu SDGs atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan, mahasiswa diminta membuat sebuah program yang berkaitan dengan tema ini. Sehubungan dengan tujuan ke- 11 dari SDGs yaitu, Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan. Dari survey diketahui warga RW 21 Pucang Jajar Timur belum memiliki database warga secara lengkap. Ketua RW dan Ketua RT sudah memiliki data warga RW21 namun tidak tergabung dalam satu wadah dan tidak semua warga bisa mengakses dan mendapatkan informasi tersebut. Selain data utama yang sudah tercantum didalam Kartu Keluarga, juga ada beberapa data yang ingin ditambahkan, seperti detail pekerjaan, golongan darah, dan lainnya. Kemudian untuk mempermudah semua warga mengakses dan mengubah data jika ada perubahan, maka sebisa mungkin database ini dibuat secara digital kemudian diunggah di internet. Diharapkan dengan adanya database ini, nantinya warga RW 21 lebih mudah mengakses informasi dan mengubahnya secara real-time.

Database digital ini disusun dengan menggunakan bahasa PHP dan didukung dengan sistem manajemen basis data MySQL. Kedua aspek tersebut dapat mempermudah pengelolaan data warga karena setiap data terhubung secara digital sehingga hanya perlu melakukan 1 proses untuk berbagai macam pekerjaan. Misalnya seperti menambah data warga yang baru saja pindah ke lingkungan RW 21, maka hanya perlu memasukkan informasi tertentu pada kolom yang disediakan dan data warga pun akan diperbaharui dalam sekejap mata. Database terbagi menjadi 2 bagian yaitu bagian luar dan bagian dalam. Bagian luar terdiri dari informasi umum seperti kolom pencarian data, fasilitas sarpras, dan pengelola. Sementara bagian dalam terdiri dari sub menu yang dapat digunakan untuk menambah, menyunting, dan menghapus data tertentu yang berkaitan dengan kependudukan.

Harapannya dengan adanya Database Digital ini, warga RW 21 bisa mempererat rasa kekeluargaan, lebih mudah mengakses data dan mencegah hilang atau rusaknya data. Bapak Hartoyo selaku sekretaris warga RW 21 yang menerima database juga menyambut baik database digital ini, ‘semoga dengan adanya database digital ini bisa mempermudah warga saling menolong, seperti mencari golongan darah ketika ada yang membutuhkan donor darah’ begitu kata beliau.

Penulis : Nanda Hidayatullah Abadi (21120117120012 – Teknik Komputer, Fakultas Teknik)

Dosen Pembimbing : Dyah Wijaningsih, S.H. M.H.