KAMPUNG SIAGA COVID-19 SEBAGAI BENTENG PERTAHANAN MASYARAKAT

Kelurahan Sempaja Selatan (08/02/2021) – Kondisi keseluruhan negara di berbagai penjuru dunia kini sedang giat dalam penanganan pandemi Covid-19 yang telah melanda secara global. Covid – 19 merupakan virus jenis baru dari keluarga corona virus yang menyebabkan penyakit yang menyerang sistem pernafasan pada manusia, mulai dari batuk – pilek hingga penyakit yang lebih serius seperti Middle East Respiratory Syndrome (MERS) dan Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS) yang dapat menyebabkan kematian. Adanya pandemi Covid – 19 yang tergolong bencana non-fisik sangatlah berpengaruh terhadap terganggunya aktifitas dan aspek kehidupan masyarakat.

Berdasarkan peta pantauan Covid-19 di Kalimantan Timur, Kota Samarinda menduduki urutan tertinggi kedua untuk jumlah kasus positif Covid-19 di Kalimantan Timur. Gerakan Kaltim Steril atau Kaltim Silent yang mulai diterapkan di Kota Samarinda serta wilayah Benua Etam lainnya, merupakan sebuah upaya pemerintah daerah untuk menekan penyebaran virus corona dengan menghimbau masyarakat agar tidak beraktivitas diluar rumah. Namun tak dapat dipungkiri jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan jumlah kasus positif Covid-19, dikarenakan pelaksanaan Kaltim Steril yang hanya diterapkan dalam dua hari setiap akhir pekan, yakni hari sabtu dan minggu.

Pelaksanaan Sosialisasi dan Edukasi mengenai Penerapan 5M
dan Kampung Siaga Covid-19 di RT. 020, Kelurahan Sempaja Selatan

Sumber : Dokumentasi Penulis

Seorang mahasiswa KKN Tim I Undip tahun 2021 memberikan sebuah edukasi serta sosialisasi mengenai penerapan konsep “Kampung Siaga Covid-19” dengan memberdayakan masyarakat dalam lingkup kelurahan, RW, dan RT. Pemberdayaan masyarakat yang dimaksud yaitu membentuk suatu komunitas swadaya yang bergerak dalam penanganan Covid-19 di lingkungan tempat tinggal mereka. Konsep “Kampung Siaga Covid-19” yang telah diedukasikan dan disosialisasikan di RT. 020 Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, mencontoh dari salah satu konsep “Kampung Siaga Covid-19” yang telah diterapkan di Kota Semarang.

Poster Edukasi Penerapan 5M
Sumber : Penulis
Poster Edukasi Penerapan Kampung Siaga Covid-19
Sumber : Penulis

Penulis : Afanggi Oktavian (Fakultas Teknik – Perencanaan Wilayah dan Kota)

DPL : Dr. Seno Darmanto, ST., MT.