“HERBAL DRINK !!”SOLUSI DARI MAHASISWA KKN UNDIP UNTUK MENINGKATKAN IMUNITAS TUBUH DI MASA PANDEMI COVID – 19

Semarang, (24/1/2021) Untuk tetap dapat melakukan aktivitas seperti biasa, tentunya tubuh harus dalam keadaan yang sehat dan bugar, terutama di masa pandemi seperti sekarang yang berdasarkan data pasien Covid – 19 terus meningkat. Masyarakat masih banyak yang khawatir jika terpapar oleh virus Covid – 19 ini. Untuk itu Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2021 mengadakan pelatihan pembuatan “Herbal Drink” yang berbahan dasar dari tanaman obat keluarga (TOGA) sebagai solusi masyarakat untuk menjaga imunitas tubuh agar terhindar dari paparan virus Covid – 19.

Tanaman obat keluarga (TOGA) pada dasarnya merupakan tanaman yang ditanam di halaman rumah atau kebun yang dimanfaatkan sebagai budidaya tanaman yang berkhasiat sebagai obat dalam rangka memenuhi kebutuhan keluarga akan obat – obatan. Tanaman obat keluarga (TOGA) berfungsi sebagai sarana untuk mendekatkan tanaman obat kepada upaya – upaya kesehatan masyarakat yang antara lain meliputi: upaya prefentif (pencegahan), upaya promotif (meningkatkan derajat kesehatan), dan upaya kuratif (penyembuhan penyakit). Selain itu juga sebagai sarana untuk pelestarian alam dan sarana penyebaran gerakan penghijauan.

Dengan melihat potensi yang ada di Desa Sekopek, Kelurahan Polaman Rt 03 Rw 02 masih banyak masyarakat yang memiliki tanaman obat keluarga untuk dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang khasiatnya sudah tidak diragunkan lagi. Herbal Drink merupakan produk yang dihasilkan oleh Nina Eka Marliana, salah satu Mahasiswa KKN UNDIP TIM 1 dengan memanfaatkan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).

Program pelatihan pembuatan herbal drink ini dilakukan di rumah Nina sendiri yang tentunya dengan tetap menerapkaan protokol kesehatan yang berlaku. Bahan – bahan yang digunakan dalam herbal drink ini antara lain adalah kunyit, jahe, serai, jeruk nipis, dan madu. Yang diketahui bahan – bahan tersebut merupakan tanaman obat keluarga yang memiliki kandungan antioksidan yang tinggi untuk menangkal radikal bebas yang ada di dalam tubuh. Selain itu terdapat vitamin C, nutrisi dan kandungan lain yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan adanya kegiatan pelatihan pembuatan herbal drink ini banyak masyarakat yang mendapatkan ilmu baru mengenai manfaat dari tanaman toga yang terkandung dalam minuman herbal tersebut. “Dengan adanya pelatihan pembuatan herbal drink ini, saya jadi mendapatkan resep baru untuk membuat minuman tradisional yang enak dan memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Terima kasih Mbak Nina”, tanggapan dari Ibu Istuningsih salah satu warga masyarakat yang mengikuti kegiatan. Ibu RT yaitu Ibu Siti juga berpartisipasi dalam program kegiatan yang diadakan oleh Mahasiswa kkn undip ini dan memberikan tanggapan bahwa kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat dan di masa pandemi seperti ini imunitas tubuh itu merupakan hal yang paling utama yang perlu dijaga agar tidak terpapar virus Covid – 19. Ibu Siti berharap masyarakat di desanya tidak ada yang terkena virus Covid – 19, untuk itu masyarakat diharapkan untuk memanfaatkan TOGA dengan maksimal untuk mencegah covid – 19.

Penulis: Nina Eka Marliana (13040117120023)

Ilmu Perpustakaan, Fakultas Ilmu Budaya

DPL: Ibu Lintang Dian Saraswati, SKM, M.Epid

#KKNTimIPeriode2021 #P2KKNUndip #LPPMUndip #UniversitasDiponegoro #Ngaliyan2021