Covid-19 : UMKM TERPURUK!! Mahasiswa “KKN UNDIP” berikan Sosialisasi DIGITAL MARKETING

Sosialisasi Digital Marketing (Ibu Wati)

Kuripan (20/01) – KKN TIM 1 UNDIP 2021 dilaksanakan pada tanggal 04 Januari – 16 Februari 2021. KKN tahun ini berbeda dengan KKN yang sebelumnya karena adanya pandemi Covid-19 yang mewajibkan kita stay at home sehingga dilakukan perubahan tanpa mengurangi essensinya. Tema yang diangkat pada KKN kali ini yaitu “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs)”. Salah satu program yang dilaksanakan adalah sosialisasi Digital Marketing kepada UMKM yang berada di Kelurahan Kuripan.

Pandemi Covid­-19 ini meresahkan tidak hanya pada perusahaan besar namun UMKM juga terdampak. Banyak UMKM yang tidak bisa melajutkan usahanya karena tidak memiliki modal. Krisis ekonomi yang dialami oleh UMKM pun menjadi ancaman besar bagi perekonomian nasional, mengingat UMKM merupakan penggerak ekonomi domestik dan penyerap tenaga kerja terbesar dalam beberapa dekade terakhir.

Profit UMKM yang menurun drastis bahkan minus namun biaya produksi meningkat dan penjualan menurun. Selama pandemi ada beberapa biaya produksi yang mengalami peningkatan yaitu bahan baku, transportasi, tenaga kerja, dan biaya lain-lain. Alasan penjualan menurun adalah konsumen yang mobilitasnya dibatasi yang diwajibkan tetap berada dirumah menyebabkan kesulitan melakukan transaksi penjualan dan penghasilan konsumen yang menurun bahkan sampai terkena PHK.

Sosialisasi Digital Marketing (Ibu Siti)

Untuk membantu UMKM keluar dari permasalahan ini diperlukan solusi mitigasi dan pemulihan. Transformasi digital di kalangan pelaku UMKM yang pada akhirnya dapat membantu bertahan di tengah pandemi. Upaya lainnya yaitu melalui kerjasama dalam pemanfaatan inovasi dan teknologi yang dapat menunjang perbaikan mutu dan daya saing produk, proses pengolahan produk, kemasan dan sistem pemasaran serta lainnya.

Sosialisasi Digital Marketing bagi UMKM di kelurahan Kuripan merupakan jawaban yang benar untuk mengatasi permasalahan yang terjadi saat ini. Menjelaskan secara sederhana kepada masyarakat yang SDM rendah merupakan tantangan tersendiri dalam melaksanakan program ini. Mereka yang sudah terbiasa berdangang harus bertatap muka pada saat ini diharuskan mengurangi kegiatan tersebut. Sosialisasi kali ini juga menjelaskan bahwa sosial media merupakan tempat yang mudah, murah dan cepat mempromosikan produk mereka. WhatsApp Facebook dan Instagram merupakan media sosial yang mereka pilih untuk memasarkan produk.

Penulis : Dwira Cyndi Renata S (Manajemen/FEB)

Dosen KKN : Marwini, S.HI., Lc., M.Si.