Fasilitas Publik Memprihatinkan, Mahasiswi KKN UNDIP Ajukan Design Pembenahan Pos Jaga serta Penataan Ulang Lahan Sekitar

Semarang, Tembalang (25/01/2020) – Fasilitas warga pos jaga dan lahan sekitarnya yang berada di Desa RT 01 RW 02 Kec. Tembalang dalam kondisi yang sangat mengkhawatirkan, baik dari segi keamanan, kebersihan, dan kenyamanan. Hal tersebut dapat dilihat dari material  yang sudah berumur dan lahan sekitar yang tidak dijaga kebersihannya. Kedua hal tersebut menjadi pertimbangan utama  untuk  Kegiatan Pengusulan Design Pembenahan Pos Jaga serta Penataan Ulang Lahan Sekitar

Dokumentasi dari eksisting

Nadhifa Triatma, Mahasiswa KKN Tim 1 2021 Universitas Diponegoro dibawah bimbingan Bapak Apri Dwi Anggo, S.Pi., M.Si. mengajukan usulan design pembenahan pos jaga serta penataan ulang lahan sekitar agar dapat berfungsi secara maksimal. Konsep yang diambil pada perencanaan ini adalah “Age-Friendly Architecture” serta “Affordable Design”.

Dokumentasi Proses design

Age-Friendly Architecture disini memiliki artian design dapat digunakan oleh semua tingkatan umur pengguna. Konsep tersebut diangkat menjadi konsep utama dikarenakan mencoloknya perbedaan umur yang ada pada RT 01. sedangkah untuk implementasi dari konsep tersebut terdapat pada fasilitas tambahan yang akan direncanakan pada lahan sekitarnya yang nantinya akan dijadikan taman desa. Taman tersebut dilengkapi dengan fasilitas akupuntur untuk para lansia menggunakan material batu koral yang ditanam sedangkan untuk usia yang lebih muda disediakannya fasilitas berkumpul seperti playground, open theater, dan lapangan rumput yang teduh.

Konsep affordale design yang dimaksud adalah perencanaan design dikonsep sebisa mungkin menjadi project yang sangat mungkin untuk direalisasikan, mulai dari pemilihan material hingga design yang simple, sehingga tidak memerlukan tenaga ahli khusus pada saat proses konstruksi. Material menggunakan material lokal sehingga upaya penekanan anggaran menjadi sangat efektif. Bentuk dasar yang diaplikasikan merupakan bentuk simetris dan berulang sehingga tidak dibutuhkannya tenaga ahli yang pada akhirnya berujung pada anggaran. 

Nadhifa Triatma, Mahasiswa KKN Tim 1 2021 Universitas Diponegoro dibawah bimbingan Bapak Apri Dwi Anggo, S.Pi., M.Si. melakukan Sosialisasi Edukasi Penggunaan Masker yang Tepat menurut WHO sebagai salah satu upaya untuk menekan angka penyebaran virus di masa pandemi covid-19 ini . Dengan mempraktikan langsung bagaimana menggunakan & melepaskan masker, mencuci dan mengeringkan, menyimpan masker, hingga membawa cadangan masker ketika berpergian, harapannya warga paham dan taat untuk menggunakan masker dengan benar.

Sosialisasi Edukasi dilakukan di rumah warga yang tentunya tetap memperhatikan pembatasan jumlah namun tetap berjalan dengan efektif dan efesien. Materi diawali dengan membagikan handbook “ #PakaiMasker “ lalu penjelasan secara verbal dan praktik menggunakan masker yang sesuai dengan yang dianjurkan.  Kegiatan berjalan interaktif dan disambut dengan baik oleh warga dengan mengajukan berbagai pernyatan mengenai isu-isu yang beredar mengenai masker.

Penulis : Nadhifa Rahmi Triatma
DPL : Apri Dwi Anggo, S.Pi., M.Sc