Mahasiswa Undip Gunakan Aplikasi TikTok Sebagai Sarana Edukasi CTPS Untuk Anak-Anak

KKN (Pengabdian Masyarakat) di Desa Ngemplak Kec. Lasem Kab. Rembang, Jawa Tengah

Lasem, Rembang (012/02/2021) ̶̶̶̶̶ ̶̶̶̶̶ Mengingat situasi pandemi, Universitas Diponegoro menerjunkan TIM KKN ke daerah asal masing-masing mahasiswa atau ada juga mahasiswa yang menetap di Semarang untuk melaksanakan KKN di daerah tersebut. Oleh karena itu, KKN kali ini bertemakan “Pulang Kampung”. Saya Amalia Sukma Suci Ramadhani mahasiswa yang tergabung dalam TIM KKN I UNDIP 2021 turut berpartisipasi dalam kegiatan di daerah tempat tinggalnya, Kabupaten Rembang. Program kedua saya adalah Penggunaan Aplikasi Tiktok Sebagai Sarana Edukasi Pencegahan Covid-19 Bagi Anak-Anak. Tujuan dari program ini adalah untuk memberikan edukasi kepada anak-anak dengan menggunakan metode yang berbeda dan mudah untuk diingat dan direalisasikan.

Tiktok itu sendiri adalah sebuah aplikasi dimana kita dapat mengekspresikan dan dapat mengunggah video kreatifitas yang telah dibuat, atau sering disebut juga “Konten”. Konten yang telah berhasil dibuat selanjutnya di unggah pada akun TikTok yang telah terdaftar. Video tersebut setelah diunggah maka akan dilihat oleh pengguna lainnya yang mempunyai aplikasi TikTok ini.

Hasil Pembuatan Video

Memberikan edukasi dan membagikan masker kepada anak-anak tentang penggunaan masker juga penting. Masih banyak anak-anak yang lupa untuk menggunakan masker saat keluar rumah. Memberikan edukasi bagaimana cara menggunakan masker yang benar, melepas masker yang benar, dllnya. Hal tersebut merupakan hal sepele tapi menurut saya itu penting, karena terdapat cara tersendiri dalam menggunakan dan melepas masker.

Dokumentasi Pribadi