Mahasiswa KKN Undip Memberikan Edukasi Pentingnya Mencuci Tangan di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Poster

Semarang – Penyebaran Covid-19 akhir-akhir ini tidak sebuming pertengahan 2020, walaupun begitu bahaya covid-19 tidak bisa diremehkan. Toyib Khudori, Mahasiswa KKN ingin memberikan edukasi penting mencuci tangan. Program kerja salah satunya menngunakan poster. Poster tersebut berisi panduan Mencuci Tangan dengan benar yang direkomendasikan WHO. Program tersebut dilaksanakan pada Senin (12/1), dan Selasa (19/2) dengan metode pelaksanan door to door. Metode ini dilakukan untuk menghindari kerumunan untuk menghindari penyebaran covid-19. Selain menggunakan metode tersebut kami juga menempelkan poster ditempat yang menjadi potensi terjadinya keramain.

Sosialisasi di door to door

Penempelan poster di persimpangan jalan
Program kegiatan ini dilaksanakan di tengah pandemi COVID-19 sehingga diharuskan menerapkan praktik 3T (Tracing, Testing, Treatment) serta 3M (menggunakan masker, mencuci tangan, menjaga jarak).Namun, pada saat kami sedang memberikan edukasi didapati anak-anaksaat bermain tidak memakai masker sehingga kami mahasiswa memberikan edukasi serta memberikan masker agar tumbuh rasa saling menjaga antar sesama. Program ini dimulai dengan menyampaikan penjelasan mengenai 7 langkah mencuci tangan yang benar sesuai anjuran WHO dan manfaatnya melalui media poster, Toyib Khudori. Tujuan dari kegiatan ini adalah diharapkan dengan adanya program masyarakat mengetahui cara mencuci tangan yang baik serta manfaatnya bagi diri sendiri dan lingkungan.
Melalui program ini diharapkan Masyarakat menjadi semakin sadar dan mengerti akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat sesuai dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDG’s) serta mengetahui pentingnya menjaga kebersihan melalui cuci tangan dengan benar.

Ditulis : Toyib Khudori
Rekayasa Perancangan Mekanik, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro
Dosen Pembimbing : Mas’ut, S.Ag., M,Ag., M.H.