Demi Penerapan Pola Hidup Baru di Tengah Pandemi Covid-19 Pintu Rumah Warga Digedor Mahasiswa Undip

Foto: Sosialisasi penerapan pola hidup sehat ke rumah warga

Trenggalek (25/1/2021) – KKN Tim I Universitas Diponegoro (Undip) tahun 2021 disebut sebagai KKN Pulang Kampung, hal ini karena kegiatan KKN yang dilakukan berada di daerah domisili masing-masing mahasiswa. Dengan mengusung tema “Pemberdayaan Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), KKN kali ini dilaksanakan selama 43 hari terhitung dari 4 Januari-16 Februari 2021. KKN dilaksanakan di RT 14 RW 06 Ds. Jatiprahu, Kec. Karangan, Kab. Trenggalek. Program yang dilaksanakan ialah “Penerapan Pola Hidup Baru di Tengah Pandemi Covid-19”. Program ini dilaksanakan melalui sosialisasi dari pintu ke pintu terhadap warga masyarakat, supaya lebih peduli terhadap kondisi pandemi yang belum juga usai.

Foto: Pamflet yang dibagian ke masyarakat/ditempel di tempat strategis

Program ini dilaksanakan mengingat Trenggalek saat ini sedang berada di zona merah dengan pertambahan kasus yang cukup signifikan setiap harinya, ditambah dengan Pembatasan Pemberlakuan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berdasarkan kebijakan Bupati Trenggalek. Hal ini memicu keprihatinan mahasiswa untuk turut serta mengingatkan masyarakat sekitar, setidaknya tetangga terdekat untuk terus mematuhi protokol kesehatan yang telah dianjurkan oleh pemerintah, tidak melupakan #PesanIbu, dan sedikit demi sedikit mengubah pola hidup, agar memiliki pola hidup yang lebih baik demi terhindar dari serangan virus korona.

Mahasiswa KKN Tim I Undip periode 2021 melaksanakan program  Penerapan Pola Hidup baru di Tengah Pandemi Covid-19 dengan tujuan terus mengingatkan masyarakat bahwa pandemi belum usai. Meski pandemi sudah berjalan hampir satu tahun lamanya, dan vaksin sudah mulai beredar, dengan adanya sosialisasi ini mahasiswa KKN Undip berharap bahwa masyarakat tidak menjadi lengah. Sebab, saat ini menjaga diri sendiri sama dengan menjaga orang lain. Oleh karena itu, mahasiswa sebagai bagian dari masyarakat hendak mengingatkan sesama untuk terus menjaga diri dengan menerapkan pola hidup baru. Pola hidup baru ini berguna untuk menjaga imun supaya tetap aman. Ada beberapa pola hidup yang dijelaskan oleh mahasiswa Undip di antaranya: makan-makanan dengan gizi seimbang; olahraga teratur; tidur yang cukup, perbanyak minum air putih; stay at home; dan setidaknya jika keluar rumah tetap mematuhi protokol 3M yaitu, memakai masker, sering mencuci tangan, dan juga menjaga jarak.

Foto: Mencuci tangan, salah satu prokes 3M

Untuk melawan virus corona yang makin merajalela, semua lapisan masyarakat harus turut mengambil peran. Ini bukan hanya tugas pemerintah, tapi kita sebagai manusia dan juga masyarakat harus turut andil dalam meminimalisir dan memutus rantai penyebaran virus korona. Jika tidak banyak yang bisa kita lakukan, mematuhi protokol kesehatan dan menjaga diri sudah sangat membantu mereka-mereka yang berada di garda terdepan. (Anjani Larassae / Eko Ariyanto)