Mengurangi Penyebaran Covid-19, Mahasiswa KKN Undip Membagikan Hand Sanitizer kepada Warga dan Penjual di Pasar

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung di Indonesia selama kurang lebih satu tahun. Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah untuk melawan virus corona ini. Salah satu upayanya adalah masyarakat harus menerapkan 3M, yakni mencuci tangan, memakai masker, dan menjaga jarak. Dengan menerapkan 3M tersebut, masyarakat dapat mengurangi risiko terkena covid-19.

Mahasiswa KKN Undip membuat handsanitizer untuk memenuhi anjuran pemerintah dengan menerapkan 3M, salah satunya adalah mencuci tangan menggunakan handsanitizer. Bahan-bahan pembuatan handsanitizer diantaranya gliserol 98%, etanol 96%, hidrogen peroksida 3% dan air steril.

Setelah handsanitizer jadi, mahasiswa KKN Undip membagikan beberapa handsanitizer kepada warga RT 05 RW 09 Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang dengan cara door to door atau mendatangi rumah warga satu persatu, dan tentunya dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Mahasiswa KKN Undip juga membagikan hand sanitizer ke beberapa penjual di pasar Sendangmulyo Semarang.

Alasan Mahasiswa KKN Undip membagikan handsanitizer kepada penjual di pasar dikarenakan penjual di pasar sering berinteraksi dengan orang lain tanpa mengetahui kesehatan orang tersebut, untuk memudahkan mencuci tangan, Mahasiswa KKN memberikan handsanitizer yang dapat dengan mudah digunakan.

Nama : Almira Rheina Rachmanita

Dosen : Ir. Djoko Suwandono MSP